-  5 menit membaca

Ukuran Foto untuk Melamar Kerja

Ukuran Foto untuk Melamar Kerja

Jika ingin mulai bekerja, maka harus menyiapkan berkas lamaran tentunya. Di dalamnya berisi beberapa dokumen dan salah satunya adalah foto. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui ukuran foto untuk melamar kerja.

Mengapa hal itu penting? Karena foto termasuk salah satu identitas diri yang menunjukkan bagaimana sikap Anda. Jadi, meskipun terkesan sepele, kadang hal ini yang menentukan diterimanya atau tidak.

Ukuran Standar Pas Foto untuk Melamar Kerja

Kemungkinan sebagian lembaga atau perusahaan akan mencantumkan ukuran foto yang harus dilampirkan. Namun, ada juga yang tidak menentukan hal ini. Jadi, ketentuan dasar dari foto harus diketahui.

Terkadang masih banyak yang mengabaikan hal ini karena menganggap bukan dokumen utama yang disyaratkan. Akhirnya, membuatnya asal-asalan dan tidak memperhatikan hal-hal kecil yang penting.

Pertama, yaitu dari segi ukuran foto untuk melamar kerja. Pada umumnya, yang direkomendasikan untuk foto setengah badan adalah 2×3 atau 4×6. Sedangkan, untuk full body  berukuran 4R atau 10,2 x 15,2 cm.

Ukuran foto untuk melamar kerja full body biasanya ditentukan oleh perusahaan. Jadi, jika tidak ada ketentuan khusus, langkah aman melampirkan foto setengah badan dengan ukuran tersebut.

Salah satu hal yang membingungkan pula ketika di persyaratan dokumen tidak tercantum harus melampirkan pas foto. Lalu, apakah harus menggunakannya atau tidak?

Hal itu tergantung pada beberapa aspek. Sebab, setiap perusahaan atau lembaga memiliki pendirian masing-masing terhadap pelampiran foto. Jadi, ikuti saja persyaratan yang diminta dahulu.

Jika tidak ada fotonya, maka bisa melakukan kompres foto online. Ada banyak website yang menyediakan dengan gratis maupun berbayar.

Rekomendasi Warna Background  Foto Lamaran Kerja

Selain ukuran foto untuk melamar kerja, hal penting lainnya adalah warna background  yang perlu Anda gunakan. Hal ini cukup membingungkan karena kebanyakan persyaratan hanya menentukan ukurannya.

Di sini akan ada 2 pembahasan yakni warna latar yang direkomendasikan untuk foto setengah badan dan full body . Jadi, Anda akan mendapatkan informasi secara jelas.

1. Warna Background Foto Setengah Badan

Warna yang paling umum digunakan untuk latar foto lamaran kerja adalah biru, merah, dan putih. Jika sebuah perusahaan atau lembaga mencamtumkan background  yang harus Anda gunakan, maka ikuti petunjuk tersebut.

Contoh warna background biru foto setengah badan
Sumber: Instagram.com/p/CXitpz4PmFB

Dengan begitu, Anda akan lebih dipercaya karena telah mengikuti arahan yang perusahaan atau lembaga minta. Peluang untuk diterima pun cukup besar, tetapi dengan pertimbangan hal lainnya juga.

Jika di persyaratan pada lembaran atau informasi lowongan kerja tidak menyebutkan background  khusus. Langkah yang perlu Anda ambil adalah menggunakan ketentuan dasar berdasarkan ukuran foto untuk melamar kerja.

Jika Anda termasuk warga Indonesia yang lahir di tahun genap, seperti 1996, 1998, dan seterusnya, maka gunakan latar biru. Sedangkan, warna merah ditujukan untuk seseorang yang lahir di tahun ganjil, seperti 1997, dan lainnya.

Background  putih lebih fleksibel. Jadi, bisa untuk kelahiran tahun genap atau ganjil. Namun, latar putih jarang digunakan, tetapi tidak ada salahnya memakai warna ini jika tidak ada ketentuan khusus.

2. Warna Background Foto Full Body

Tidak menutup kemungkinan jika ukuran foto untuk melamar kerja menggunakan full body. Namun, yang membuat bingung jika tidak ada ketentuan khusus mengenai ukuran atau warna latarnya.

Jika hal itu terjadi, maka warna latar yang bisa Anda gunakan yaitu biru, merah, dan putih. Mengenai ketentuannya pun sama dengan foto setengah badan. Jadi, untuk warna biru untuk orang kelahiran tahun genap.

Sedangkan, merah untuk tahun kelahiran ganjil dan putih lebih netral. Artinya, bisa diaplikasikan untuk tahun kelahiran apa saja. Mengenai pakaiannya, bisa menyesuaikan dengan bidang yang Anda pilih, apakah formal atau kasual.

Namun, jika ada ketentuan khusus dari perusahaan atau lembaga. Misalnya, harus foto dengan pakaian formal, maka ikuti arahan tersebut. Meskipun dalam pekerjaan nantinya tidak harus selalu memakai pakaian formal.

Contoh foto full body untuk melamar kerja
Sumber: Instagram.com/p/BssdHfWgQ5e

Jika Anda menggunakan kamera digital dan mengeditnya sendiri, maka pahami kode warna yang tepat. Sebaiknya lakukan pengeditan di software Photoshop, Corel Draw, atau Lightroom.

Akan tetapi, yang paling banyak direkomendasikan adalah aplikasi Photoshop. Hal itu karena bisa menghasilkan editan yang lebih bagus. Berikut ini kode dari masing-masing warna latar foto.

  • Biru menggunakan kode warna #0C0CF6
  • Merah menggunakan kode warna #FF0000
  • Gray Matte menggunakan kode warna #A9A9B0

Hal yang Harus Dihindari Ketika Foto

Terdapat beberapa hal yang harus Anda hindari ketika foto untuk persyaratan lamaran kerja. Hal itu karena foto ideal adalah yang tidak menampilkan sesuatu yang berlebihan. Dalam artian, ada batasan tersendiri, berikut uraiannya.

  • Jangan memakai aksesoris yang berlebihan, apalagi sampai menutupi area wajah.
  • Hindari memakai media foto yang memiliki resolusi rendah, misalnya menggunakan kamera laptop. Jadi, pastikan foto dengan resolusi tinggi agar menampilkan gambar yang jelas.
  • Tidak perlu memakai filter pada foto lamaran kerja. Hal itu karena terlihat tidak natural dan kurang profesional.
  • Jangan menggunakan foto selfie dengan banyak pose atau tampilan kasual hasil dari crop foto bersama. Jika memang diperlukan foto casual, lakukan dengan potret mandiri.
  • Jangan sampai memperlihatkan gigi karena akan terlihat berlebihan. Jadi, cukup dengan sedikit senyum.

Riasan wajah memang akan membuat tampilan lebih fresh, tetapi gunakan secukupnya saja. Jadi, jangan berdandan secara berlebihan karena akan menimbulkan kesan kurang baik.

Dalam pengeditan pun sebaiknya Anda lakukan secukupnya. Jadi, jangan berlebihan, apalagi sampai membuat tampilan berbeda dari bentuk aslinya. Hal itu bisa dianggap telah melakukan penipuan.

Jika memang kiranya akan kesulitan jika melakukan foto dan pengeditan sendiri, baik untuk mengekecilkan ukuran foto maupun lainnya. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan jasa cetak. Dengan begitu, tidak perlu repot-repot dan menghabiskan banyak waktu. Anda tinggal memberitahu ukuran foto untuk melamar kerja yang ditentukan beserta latarnya. Kemudian, jasa cetak foto akan mengurusnya dalam waktu yang tidak lama.

Topik artikel:

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *