-  6 menit membaca

Cara Membuat Google Form

Cara Membuat Google Form

Pernah mendengar kata google form? Atau saat ini kamu sedang mencari tahu bagaimana cara membuat google form? Google form ini adalah salah satu fitur layanan dari Google yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Google form adalah salah satu layanan google yang ditujukan para user google untuk mengumpulkan data melalui form yang bisa dibuat secara gratis dengan mudah dan praktis yang diluncurkan pada tahun 2008 dan terus berkembang. Hingga sekarang google form menjadi salah satu pembuat form terbaik secara online.

Nah, untuk kamu yang saat ini sedang mencari tahu bagaimana cara kerja google form, apa fungsinya dan bagaimana cara membuatnya? Simak ulasannya di artikel ini yuk!

Apa Itu Google Form?

Oke, pertama saya akan menjelaskan terlebih dahulu tentang apa itu google form? Jadi, Google Forms adalah aplikasi administrasi yang termasuk dalam suite Google Documents, Google Sheets, dan Google Slides. Google form menampilkan semua fitur kolaborasi serta berbagi yang bisa ditemukan di Documents, Spreadsheet, dan Slide google.

Fungsi Google Form

Selanjutnya untuk fungsi Google form itu sendiri adalah memiliki manfaat dan fungsi utama pengguna untuk membuat survei yang berisi banyak pertanyaan yang perlu mereka tanyakan dalam berbagai gaya dan fitur.

Dari merencanakan acara, survey, pendaftaran, sampai mendapatkan jawaban secara anonim untuk pertanyaan-pertanyaan yang bisa kamu ajukan, ada banyak hal berguna yang dapat kamu lakukan dengan Formulir Google silahkan mencobanya sendiri melalui laptop atau android kamu untuk lebih jelasnya apa fungsi google form.

Nah, biasanya google form ini sering digunakan untuk mengumpulkan data dalam survei kebutuhan skripsi atau tugas kuliah lainnya nih! Bahkan untuk kepentingan bisnis pun banyak orang yang menggunakan google form untuk mencari dan mengumpulkan data.

Tutorial Cara Membuat Google Form

Lalu, sekarang bagaimana cara membuat google form? Oke, pertama yang harus kamu lakukan untuk membuat google form adalah kamu harus memiliki akun google dan alat untuk koneksi internet entah itu android atau PC. Di bawah ini akan saya beri langkah per langkah cara membuat google form menarik.

1. Membuka Google Form

Buka google form melalui tautan https://docs.google.com/forms setelah itu kamu akan dibukakan sebuah halaman untuk membuah form secara sederhana.

2. Memilih Template

Untuk membuat form sesuai dengan apa yang kamu butuhkan, kamu bisa memilih form blank, klik form blank untuk membuka.

Memilih template blank di google form

3. Mengisi Judul Form

Sebelum melanjutkan untuk mengisi dan membuat form sesuai keinginan, kamu harus membuat judul form-nya terlebih dahulu agar bisa di simpan dan mudah untuk dicari suatu saat nanti. Dengan cara klik Untitle Form.

Di sini saya mebuat judul Contoh Form untuk keperluan artikel cara membuat google form kali ini.

Mengisi judul google form

4. Mengisi Deskripsi Form

Sebelum melanjutkan pembuatan bagian-bagian form, kamu harus isi terlebih dahulu bagian deskripsi form agar para visitor form kamu paham untuk apa form ini harus di isi.

Isi deskripsi form dengan hal yang ingin kamu sampaikan kepada visitor yang akan mengisi form yang kamu buat. Seperti di bawah ini contohnya saya membuat form untuk sekedar contoh untuk keperluan tutorial.

Mengisi deskripsi google form

5. Menentukan Tipe Form

Pada tutorial ini, saya menentukan tujuan form ini dengan tema cara membuat google form pendaftaran. Maka saya akan membuat form yang fungsinya untuk pendaftaran sesuatu. Misal untuk penulis blog saya.

Mengganti tipe form ini, pergi ke dropdown di sebelah kanan dengan kata Multiple choice diganti menjadi Sort answer.

Memilih tipe form sort answer

Maka secara otomatis tampilan option akan hilang dan berubah menjadi form short answer.

6. Membuat Kolom Nama

Selanjutya membuat Nama pada kolom Sort answer ini. Jangan lupa untuk aktifkan Required pada langkah no 2. Berguna untuk memberitahu bahwa bagian form nama ini wajib di isi.

Membuat kolom nama di google form

7. Membuat Kolom Domisili

Tekan ikon + untuk membuat kolom baru dan beri nama Alamat Domisili.

Cara menambah form di google form

Lakukan langkah yang sama seperti membuat kolom form Nama Lengkap. Beri nama form dengan alamat domisili dan aktifkan Required.

Bagian form alamt domisili di google form

8. Membuat Kolom Upload

Selanjutnya kita akan membuat form untuk upload karya tulisan yang berguna untuk seleksi pendaftaran menjadi penulis blog dengan cara upload karya tulisan melalui google form.

Tekan kembali ikon + untuk menambah kolom form berikutnya.

Ganti Menjadi FIle Uploader

Setelah menganti Multiple choice menjadi File upload, kamu akan dibukakan laman persetujuan yang berisikan pemberitahuan bahwa form ini membolehkan upload file ke google drive pada akun google kamu melalui form yang kita buat.

Klik Continue untuk menyetujui dan melanjutkan ke langkah berikutnya.

Menyetujui File upload di google form

Selanjutnya akan muncul halaman atau bentuk form untuk file upload seperti di bawah ini.

Mengatur file upload di google form
  • Isi bagian Question dengan nama Upload Artikel
  • Aktifkan spesifikasi type file yang bisa di upload misalnya file dengan ekstensi .doc
  • Beri batasan jumlah file yang akan di upload
  • Beri batasan pada ukutan maksimum file yang boleh di upload
  • Dan aktifkan pula Require pada bagian ini.

Maka hasil pengaturan File upload di atas akan seperti di bawah ini setelah mengikuti poin-poin di atas.

Form Upload Artikel

9. Membuat Pilihan Tema Artikel

Sebagai penulis biasanya memiliki kegemaran tersendiri pada tema artikel yang di tulisnya, agar artikel yang dihasilkan lebih maksimal. Untuk itu kamu perlu membuat bagian form pilihan tema artikel untuk di tulis jika berhasil diterima menjadi penulis blog.

Langkah pertama, kemali klik ikon +

Pilih tema artikel pada google form

Maka akan muncul pilihan ganda, ganti menjadi Checkboxes, dan beri nama bagian form ini dengan Kesukaan Tema Artikel.

Klik bagian Option 1 dan beri nama misalnya tema artikel Kesehatan.

Setelah selesai mengubah pilihan 1, maka kamu harus menambah pilihan lainya dengan cara klik tulisan add option, maka secara otomatis akan terbuka option ke 2 dan seterusnya.

Tambah Pilihan Tema Artikel

Isi seterusnya sampai pilihan tema artikel dirasa sudah lengkap dan jangan lupa aktifkan pula required karna bagian ini sangat penting juga. Hasilnya akan seperti di bawah ini.

Hasil Pilihan Bidang Tema Artikel

Nah sampai di sini sepertinya sudah cukup. Untuk cara membuat google form di hp android caranya akan sama, hanya beda di bagian tampilan saja, seperti di bawah ini.

Tampilan cara membuat google form di hp android
Tampilan cara membuat google form di hp android

Hanya pindah bagian ikon-ikon ke bawah.

Google form ini akan tersimpan secara otomatis, jadi tidak perlu kawatir jika tiba-tiba PC atau laptop kamu mati.

Cara Mendapatkan dan Membagikan Url Google Form

Klik “Send

Klik Send paga bagian pojok atas untuk menemukan url google form.

send

Pilih ikon link atau rantai

Pilih icon rantai atau link untuk membuka link url google form kita.

Memilih ikon rantai untuk membuka URL google form

Centang Short URL

Centang checkbox dengan nama Shorten URL tersebut. Hal ini untuk memperpendek URL google form agar tidak terlalu panjang.

Sekarang URL sudah ada dan bisa dibagikan melalui email atau social media kamu.

Sampai di sini dulu artikel kali ini semoga bisa membantu sobat semuanya. Jangan lupa share kepada teman kalian yang membutuhkan melalui media sosial. Mudah dan gampang banget kan cara membuat google form? Kamu bisa praktekkan sendiri sekarang!

Topik artikel:

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *