-  7 menit membaca

Pengertian Komputer Lengkap

Pengertian Komputer Lengkap

Kehidupan manusia di era digital sekarang ini tak lepas dari peran komputer. Orang-orang menggunakan komputer untuk mengelola bisnis, keperluan sekolah, dan berbagai keperluan vital lainnya. Meski sudah cukup lama bergulat dengan komputer, sudahkah kamu tahu tentang pengertian komputer dan jaringan komputer?

Artikel ini akan membahas beberapa hal seputar komputer termasuk pengertian, fungsi, manfaat, komponen serta jenis-jenisnya.

Pengertian Komputer

Secara harfiah, asal kata komputer adalah computare yang berarti menghitung. Berdasarkan arti katanya, komputer merupakan alat yang melakukan proses perhitungan dengan aritmatika. Namun jika diartikan secara umum, komputer merupakan perangkat alat elektronik yang didalamnya terdiri dari beberapa komponen yang saling terhubung sehingga mampu menghasilkan informasi yang telah diolah sebelumnya.

Pengertian Komputer
Ilustrasi inti komputer / sumber: pixabay.com

Seperti yang sudah umum diketahui banyak orang, komputer terdiri dari beberapa komponen antara lain hardware dan software. Hardware merupakan perangkat keras meliputi prosesor, harddisk, CPU, RAM, motherboard, dan lain sebagainya. Sedangkan software merupakan perangkat lunak yang meliputi aplikasi-aplikasi yang dipasang di sistem komputer. Aplikasi-aplikasi tersebut akan bekerja sesuai yang diperintahkan pengguna.

Jika kamu masih merasa belum puas dengan pengertian komputer di atas, di bawah ini pengertian komputer menurut beberapa ahli:

  • Menurut Robert H. Blissmer komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas, yaitu menerima input, memproses input sesuai dengan instruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi. 
  • Menurut V. C. Hamacher komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi
  • Menurut KBBI komputer adalah alat elektronik yang bekerja secara sistematis dan cermat untuk mengolah berbagai macam data. Seperti data angka, suara dan gambar. 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komputer merupakan perangkat elektronik yang menerima input data kemudian mengolahnya dan memberikan output berbentuk informasi. Informasi tersebut bisa berupa teks, gambar audio maupun video.

Fungsi Komputer

Secara prinsip, komputer memiliki 4 fungsi yang berkaitan dengan pengolahan data. Berikut ini fungsi komputer:

a. Pengolahan Data (data processing)

Fungsi komputer yang pertama ialah untuk mengolah data sehingga komputer bisa menghasilkan output informasi baik itu gambar, video, audio maupun teks. Informasu tersebut diolah oleh komputer sebelum dikeluarkan dalam bentuk output.

b. Penyimpanan data (data storage)

Komputer juga memiliki fungsi untuk menyimpan data dan mengamankannya. Kamu bisa menggunakan kembali data yang kamu simpan. Misalnya ketika menggunakan Microsoft Excel, setelah kamu menyimpan file tersebut, kamu bisa membukanya kembali di kesempatan lain. data disimpan di dalam hardisk.

c. Perpindahan data (data movement)

Kamu juga bisa memindahkan data dari satu komputer ke komputer lainnya. Data yang kamu pindahkan bisa dalam berbagai bentuk output.

d. Kontrol

Komputer juga berfungsi mengontrol data yang kamu simpan di dalamnya.

Komponen Komputer

Untuk melakukan tugasnya mengolah data dalam bentuk input menjadi output, komputer membutuhkan komponen-komponen yang saling terhubung. Berikut ini beberapa komponen komputer:

1. Komponen Input

Komponen input merupakan komponen hardware yang fungsinya sebagai pintu masuk informasi dan tugas yang hendak diberikan kepada komputer. Berikut ini beberapa contoh yang tergolong ke dalam komponen input antara lain:

  • Keyboard, merupakan komponen komputer yang fungsinya ialah memasukan data alfanumerik serta interpretasi lainnya. Keyboard terdiri dari huruf-huruf A sampai Z, angka 0 sampai 9, serta perintah-perintah lainnya.
  • Mouse, merupakan komponen komputer yang menghubungkan layar komputer dengan pengguna. Mouse nampak terlihat sebagai penunjuk di layar monitor kamu. Fungsinya ialah untuk memberi perintah.
  • Trackpad, merupakan komponen komputer yang memiliki fungsi dan tujuan serupa dengan mouse dengan beda bentuk. Trackpad biasanya disematkan pada laptop.
  • Pen, merupakan komponen komputer yang hanya bisa digunakan pada komputer dengan layar sentuh. Fungsinya sama seperti trackpad dan mouse, yaitu untuk memberi perintah sesuai yang dikehendaki.
  • Microphone, merupakan komponen komputer yang berfungsi memberikan input suara.

2. Komponen Proses

Selanjutnya ada komponen komputer yang fungsinya menjadi pemroses perintah dan mengolah data yang diberikan pengguna. Hasil dari komponen proses akan berupa input sesuai yang diperintahkan. Di bawah ini beberapa contoh komponen proses:

  • Prosesor, merupakan komponen utama komputer yang berfungsi mengolah data.
  • Motherboard, merupakan komponen komputer dimana semua komponen saling berhubungan baik itu komponen input, proses maupun output.
  • Hard disk, merupakan komponen komputer tempat disimpannya semua interpretasi permanen yang diperlukan komputer.
  • Memori (RAM), merupakan tempat menyimpan berbagai aktivitas komputer untuk sementara waktu.

3. Komponen Output

Berikutnya ada yang disebut dengan komponen output, merupakan komponen komputer yang berfungsi menampilkan hasil proses data (output). Di bawah ini beberapa contoh komponen output:

  • Monitor, merupakan komponen komputer yang fungsinya menampilkan suatu proses dalam komputer dan menampilkan hasilnya.
  • Printer, merupakan komponen komputer yang berfungsi mencetak data sehingga berubah output menjadi hard copy.
  • Speaker, merupakan komponen komputer yang tugasnya memberi output audio (suara)

Jenis-jenis Komputer

Komputer yang ada di benak kamu mungkin merupakan sebuah perangkat konvensional dengan layar dan CPU. Tapi tahukah kamu bahwa jenis-jenis komputer tidak hanya berpatok pada pemahaman tersebut, sehingga setidaknya ada 10 jenis komputer yang kini bisa dinikmati masyarakat. Berikut ini jenis-jenis komputer yang perlu kamu ketahui:

Jenis-jenis komputer
Ilustrasi jenis-jenis komputer / sumber: pixabay.com

1. Personal Komputer

Personal komputer biasa disingkat PC, merupakan komputer yang dirancang khusus untuk penggunaan pribadi. Banyak orang salah kaprak dengan istilah PC, mereka mengartikan PC merupaan perangkat yang menjalankan Windows saja. Padahal, Mac juga termasuk ke dalam personal komputer. Personal komputer dibuat untuk skala kecil dan penggunaan pribadi saja.

2. Desktop

Desktop merupakan penggabungan kata desk (meja) dan top (atas). Sehingga dapat diartikan bawa desktop merupakan jenis komputer yang tidak bisa dibawa kemana-mana dan hanya bisa disimpan di atas meja. Dari segi biaya, desktop memang lebih murah namun menawarkan power serta storage yang lebih besar ketimbang komputer portable.

3. Laptop

Berbeda dengan desktop yang tak bisa kemana-mana, laptop merupakan jenis komputer portable yang bisa dilipat. Laptop mengintegrasikan keyboard, layar, prosesor dan komponen-komponen lainnya dengan sumber kekuatan dari baterai. Laptop juga sering dikenal dengan istilah notebook.

4. Netbook

Ada lagi komputer ultra-portable yang ukurannya lebih kecil dan lebih ringkas dibanding laptop. Komputer jenis ini bernama netbook. Secara harga, netbook tentu lebih murah dibanding laptop. Namun secara fungsi dan komponen-komponennya, netbook kurang powerful dibanding laptop.

5. PDA

Ada juga komputer bernama PDA (personal Digital Assistant). Komputer jenis ini terintegrasi menggunakan flash memori atau hard drive sebagai penyimpanan data dan informasi. Ukurannya lebih kecil dari sebuah buku, dan untuk mengoperasikannya mengandalkan layar sentuh.

6. Workstation

Workstation merupakan jenis komputer desktop dengan prosesor lebih powerful. Workstation juga memiliki memori tambahan dan beberapa peningkatan kemampuan termasuk kemampuan grafis.

7. Komputer Server

Dalam suatu jaringan komputer, ada komputer service, komputer client dan komputer server. Pengertian komputer client dan komputer lainnya dibahas secara khusus di artikel mengenai jaringan komputer. Komputer server memiliki prosesor yang lebih kuat serta hard drive besar dibanding komputer lainnya mengingat fungsinya adalah sebagai penghantar paket informasi.

8. Mainframe

Mainframe berukuran sangat besar bahkan bisa sebesar ruangan. Mainframe merupakan generasi awal komputer. Kini istilah mainframe digunakan oleh perusahaan-perusahaan untuk mendefinisikan mesin komputasi besar pengelola jutaan transaksi dan data setiap harinya.

9. Supercomputer

Supercomputer memiliki kemampuan dan kekuatan jauh di atas komputer pada umumnya, harganya pun akan sangat fantastis. Dengan kinerja tinggi, ia bisa melakukan sejumlah pekerjaan penting yang tak bisa dilakukan komputer pada umumnya.

10. Wearable computer

Ada juga komputer yang bisa dipakai atau diintegrasikan dengan hal lain yang bisa dipakai. Misalnya, komputer yang telah diintegrasikan dengan ponsel atau jam tangan. Pada dasarnya komputer jenis ini merupakan aplikasi komputer umum seperti database, komputer akuntansi, dll. Cari tahu pengertian komputer akuntansi di pembahasan berikutnya.

Itu dia informasi mengenai pengertian komputer dan hal-hal lain yang penting untuk kamu ketahui seputar dunia komputasi. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *