-  6 menit membaca

Jenin-jenis Komputer

Jenin-jenis Komputer

Ada berapa jenis komputer yang kamu ketahui saat ini? Laptop dan PC saja? Wah, mainmu kurang jauh tuh! jenis jenis komputer ternyata tak sebatas laptop dan PC (personal computer) saja lho! Juga terdapat jenis-jenis komputer lainnya yang sangat umum kamu jumpai bahkan tak umum dijumpai. Jenis komputer tersebut didesain berbeda-beda sesuai peruntukan atau fungsi masing-masing.

Yuk simak artikel di bawah ini dan cari tahu jenis-jenis komputer yang ada di dunia.

Personal Computer (PC)

Personal Computer

Personal computer disingkat PC dan lebih umum dikenal masyarakat dengan nama singkatan tersebut. Kamu tentu sudah tak asing dengan istilah ini. Personal komputer merupakan komputer pribadi yang digunakan oleh satu orang untuk berbagai keperluan pribadi dalam mengolah data.

Orang-orang menggunakan PC untuk berbagai kegiatan mulai menyelesaikan pekerjaan kantor, hingga kebutuhan hiburan seperti bermain game. Karena didesain untuk penggunaan pribadi yang cenderung ringan, PC biasanya dihadirkan dengan spesifikasi menengah ke bawah (middle to end). PC juga biasanya digunakan di rumah, kantor, ruang lab, warnet dan berbagai tempat yang umum kita jumpai.

Baca juga: Gambar Komputer Tercanggih

Apa saja kelebihan PC?

  1. PC memiliki ukuran yang tak terlalu besar sehingga hemat ruang dan praktis.
  2. Karena ukurannya yang tak besar, PC juga portable dan mudah dipindahkan. Ukurannya pun tergolong ringan.
  3. Terdapat banyak variasi spek dan tergolong mudah digunakan.
  4. Memiliki kinerja AiO yang tak jauh berbeda dengan desktop.

Dengan sejumlah kelebihan PC, tentu ia pun tak luput dari kekurangan. Beberapa kekurangan dari PC antara lain:

  1. Susah diupgrade karena komponennya menyatu, berbeda dengan desktop yang komponen nya terpisah, sehingga upgrade motherboard dan processor tak terlalu sulit.
  2. PC lebih mudah panas terlebih saat kinerja berat.
  3. Dibanding dengan desktop, harga PC cenderung lebih mahal.

Laptop

Laptop

Jenis komputer berikutnya yang sangat umum kita jumpai bahkan kita gunakan sehari-hari ialah laptop. Kamu mungkin sering sekali mendengar istilah notebook dan netbook. Keduanya sama-sama komputer portable yang bisa dilipat. Tapi tentu saja kedua istilah itu berbeda satu sama lain.

Baik netbook maupun notebook termasuk ke dalam laptop. Laptop merupakan komputer portable yang ukuran layarnya lebih kecil dibanding layar monitor desktop, dengan berbagai perangkat keras komputer terintegrasi di dalamnya sehingga membuatnya lebih ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Laptop juga dihadirkan dengan banyak sekali variasi di pasaran, sehingga memberi kemudahan untuk kamu memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

Sayangnya, laptop dibanderol dengan harga cukup mahal. Untuk tipe low saja dengan RAM 2GB dan storage kurang dari 1 TB, kamu setidaknya harus merogoh kocek minimal 4 juta, dan bisa di atas 20 juta untuk laptop spesifikasi gahar. Lalu, apa bedanya notebook dan netbook? Notebook biasanya berukuran lebih besar dengan komponen lebih lengkap, sedangkan netbook ukurannya cenderung lebih kecil. Pembahasan khusus tentang netbook akan dibahas berikutnya.

Desktop

Desktop

Berikutnya, ada jenis komputer bernama desktop yang juga sangat umum kamu jumpai dimana-mana. Desktop merupakan jenis komputer yang tak bisa dibawa kemana-mana dan biasanya ditujukan untuk sebuah komputer permanen yang ditempatkan di suatu tempat.

Desktop umumnya digunakan di perkantoran. Karena spesifikasinya yang tak sebaik PC dan laptop, desktop juga umumnya hanya mengerjakan tugas administrasi perkantoran saja. Berbeda dengan laptop dan PC yang lebih ringkas, desktop cukup rumit untuk dipasang karena dibutuhkan banyak kabel serta ukurannya yang berat. Kendati demikian, dari segi harga desktop jauh lebih murah ketimbang laptop dan PC.

Netbook

Netbook

Netbook merupakan laptop yang ukurannya lebih kecil dari notebook. Secara fungsi, keduanya tak memiliki perbedaan berarti, yang membedakan hanya ukuran saja. Karena ukurannya ini sangat kecil, netbook sangat ringan dan nyaman sekali dibawa kemana-mana. Orang-orang yang punya keperluan bisnis ke luar kota biasanya membawa netbook karena ia tak memakan banyak tempat di dalam koper.

Dari segi harga, netbook juga lebih murah dibanding notebook. Hanya saja dari segi spesifikasi netbook biasanya lebih rendah dari notebook namun kamu tak perlu khawatir karena kinerjanya juga cukup sesuai.

Rugged Laptop

Rugged Laptop

Ada juga jenis laptop/komputer portable bernama rugger laptop. Laptop jenis ini merupakan komputer portable yang umumnya digunakan untuk suatu keadaan ekstrim yang membutuhken komputasi. Pekerjaan di tempat ekstrim yang rentan getaran, goncangan, benturan, air, serta cuaca ekstrim biasanya menggunakan rugged laptop yang tahan dengan berbagai situasi tersebut.

Rugged laptop menjadi solusi untuk pekerjaan komputasi di lingkungan apapun, meski di lingkungan sangat ekstrim. Beberapa pekerjaan yang umumnya menggunakan rugged laptop ialah militer, pemadam kebakaran, peneliti di gunung, dan banyak lagi. Laptop jenis ini memang didesain secara khusus untuk tahan terhadap berbagai lingkungan ekstrim dengan sertifikat IP65. Sertifikat IP65 mengindikasikan sebuah perangkat yang tahan debu, pasir, air dan masalah luar ruangan lainnya.

Komputer Server

Komputer Server

Dalam suatu jaringan komputer, kita mengenal istilah komputer klien dan komputer server. Komputer klien merupakan komputer penerima informasi yang juga merupakan komputer yang kita gunakan sehari-hari. Berbeda dengan komputer klien, komputer server memiliki spesifikasi dan desain khusus karena ia bekerja sebagai pengolah lalu lintas dan pertukaran data suatu jaringan.

Komputer server umumnya memiliki performa yang tangguh dikarenakan kinerjanya yang berat. RAM dan penyimpanan juga cenderung besar dengan prosesor yang kuat. Sebagai penyimpan data dan pengolah lalu lintas data di suatu jaringan, komputer server tak bisa hanya memiliki spesifikasi rendah.

PDA

PDA

PDA merupakan jenis komputer berikutnya yang juga cukup umum digunakan. PDA ialah singkatan dari Personal Digital Assistant, sebuah komputer yang menggunakan flash memori bukannya hard drive untuk penyimpanan data.

Untuk input informasi dan data, PDA umumnya menggunakan teknologi layar sentuh. Kendati demikian ada juga PDA yang menggabungkan layar sentuh dan keyboard. Dari segi ukuran, PDA juga tergolong kecil dan biasanya terhubung dengan sebuah komputer server.

Super Computer

Super Computer

Berikutnya, ada yang dinamakan dengan super computer. Super computer merupakan sebutan bagi komputer-komputer sangat canggih dengan harga hingga ribuan dolar dan memiliki spesifikasi di atas rata-rata komputer pada umumnya.

Super computer berbeda dengan komputer-komputer rumahan dan kantoran biasa. Ia dipersenjatai dengan sistem operasi dan spesifikasi khusus guna menunjang kinerja tertentu yang biasanya tak bisa dilakukan komputer biasa. Super computer biasanya digunakan oleh institusi dan perusahaan besar.

Wearable Computer

Wearable Computer

Kamu mungkin cukup asing dengan jenis komputer satu ini. Wearable komputer merupakan jenis komputer yang bisa dipakai. Kok bisa? Jelas bisa, karena ia berbentuk sesuatu yang bisa dipakai manusia seperti smartwatch.

Smartwatch dengan performa tinggi dan menunjang kegiatan komputasi termasuk ke dalam kategori wearable computer. Ada banyak bentuk wearable computer mulai smartwatch, visor, hingga pakaian.

MainFrame

Mainframe

Istilah komputer mainframe tak umum didengar orang awam. Namun bagi mereka yang menggeluti dunia komputasi, istilah ini jelas sudah tak asing lagi. Sebelum ditemukannya komputer dengan ukuran yang kecil saat ini, komputer dulunya dikenal dengan istilah mainframe.

Mainframe memiliki ukuran besar hingga sebesar rumah. Kendati demikian, istilah mainframe juga masih digunakan hingga saat ini. Sekarang, istilah tersebut merujuk pada sebuah mesin besar yang memiliki kemampuan mengelola jutaan transaksi setiap harinya. Mainframe saat ini digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Workstation

Workstation

Ada juga jenis komputer yang secara khusus digunakan untuk keperluan kerja. Komputer tersebut didesain khusus agar pengguna bisa mengoptimalkan kinerja spesifik dengan bantuan komputer. Komputer jenis ini dikenal dengan istilah workstation. Dari segi spesifikasi, komputer jenis ini juga dipersenjatai dengan spesifikasi tinggi yang mampu menunjang kinerja berat dan spesifik.

Itu dia 11 jenis-jenis komputer dan spesifikasinya yang umum digunakan saat ini. Nomer berapa saja yang kamu miliki saat ini? Terima kasih sudah membaca artikel tentang jenis-jenis komputer disini. Semoga informasi ini bermanfaat.

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *