-  5 menit membaca

Cara Scan Dokumen

Cara Scan Dokumen

Digitalisasi dokumen bisa dilakukan dengan cara memindainya/scan. Dokumen digital bisa dipergunakan untuk berbagai tujuan seperti mengirim dokumen dalam waktu cepat. Ketimbang mengirim dokumen ke luar kota bahkan luar negeri menggunakan jasa ekspedisi, mengirim dokumen melalui email atau sosial media akan lebih cepat, praktis dan murah. Untuk itulah dengan cara scan dokumenkamu bisa memiliki format digitalnya.

Scan dokumen juga dilakukan untuk kebutuhan lain, seperti tujuan dokumentasi. Dokumen fisik memang rentan rusak bahkan hilang. Untuk itu, diperlukan suatu cara mengamankan dokumen dan menyimpannya di laptop, komputer atau hardisk. Orang-orang biasanya menggunakan cara ini untuk dokumentasi foto, akta, dll.

File digital juga seringkali dibutuhkan dalam momen tertentu, bisa urusan bisnis atau urusan akademik. File digital bisa sangat membantu kelancaran proses bisnis dan akademik seseorang. Untuk itulah, kamu juga perlu mengetahui cara scan dokumen. Ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh, bisa menggunakan printer bahkan bisa juga menggunakan ponsel pintar kamu. Simak penjelasan di bawah ini tentang cara scan dokumen dengan printer Epson atau merk lainnya, serta cara scan dokumen di hp android dan iPhone.

Scan Dokumen Menggunakan Printer

Beberapa jenis printer tak hanya bisa digunakan untuk mencetak teks/foto saja, bahkan bisa juga digunakan sebagai alat pemindai (Scanner) dan mesin fotokopi. Dengan kemampuannya itu, printer tersebut memang dibanderol dengan harga lebih mahal ketimbang printer yang hanya berfungsi untuk mencetak saja. Namun kinerjanya akan sangat memuaskan mengingat kamu bisa melakukan berbagai keperluan hanya dengan satu alat saja. Baca juga cara print bolak balik.

Cara scan dokumen dengan printer Epson atau merk lainnya tidak akan menyita waktu lama. Jika kamu memiliki printer yang memiliki fitur scanner, di bawah ini langkah-langkah scan dokumen menggunakan printer:

  1. Pastikan kabel printer sudah terhubung dengan listrik maupun internet.
  2. Nyalakan printer dengan menekan tombol power.
  3. Siapkan dokumen yang hendak kamu scan. Kamu bisa scan berbagai dokumen dengan ukuran sesuai ukuran scanner. Jika ukuran dokumen lebih besar, akan ada bagian yang terpotong karena diluar area pemindaian. Umumnya printer dengan fitur scanner menyediakan area pemindaian hingga kertas F4.
  4. Buka tutup scanner pada printer kamu, kemudian letakkan dokumen yang hendak discan menghadap ke scanner. Tutup kembali.
  5. Klik Start, kemudian cari opsi Windows Fax And Scan yang merupakan aplikasi bawaan windows.
  6. Kemudian, klik New Scan yang terletak di pojok kanan atas. Pengaturan akan muncul jika printer dan scanner kamu terdeteksi.
    new scan
  7. Silakan lakukan konfigurasi/pengaturan sesuai dengan kebutuhan kamu. Bagian Profil dibiarkan saja. Untuk File Type, pilih JPG, sedangkan untuk resolusi, pilih 300 supaya gambarnya jelas.
  8. Lihat bagian preview dengan klik Preview untuk memastikan sebelum kamu klik Scan.
  9. Jika kamu sudah mantap dengan hasilnya, klik Scan.
  10. Tunggu hingga proses scan selesai. Dokumen digital kamu akan secara otomatis tersimpan di folder Scanned Documents di komputer kamu. Folder ini tepatnya berada di direktori My Dokumen.

Scan Dokumen di Ponsel

Selain menggunakan mesin scanner atau printer yang memiliki fitur scanner, kamu juga bisa memindai dokumen dengan menggunakan ponsel android atau iPhone. Cara scan dokumen di hp lebih ringkas dan lebih mudah ketimbang opsi pertama. Hanya dengan menggunakan ponsel pintar yang sudah dibekali aplikasi scan, kamu bisa memiliki dokumen digital yang berkualitas dengan gambar jelas.

Di bawah ini langkah-langkah scan dokumen menggunakan ponsel android:

  1. Buka Google Playstore dan unduh aplikasi CamScanner. Aplikasi ini juga tersedia untuk iPhone di AppStore.
    Aplikasi scan dokumen camscanner
  2. Instal CamScanner, tunggu hingga proses instalasi selesai.
  3. Kemudian, buka aplikasi CamScanner. Ketuk ikon kamera untuk memulai mengambil gambar dokumen dan memindainya.
  4. Selanjutnya, akan muncul beberapa pilihan yaitu Batch Mode dan Single Mode. Batch mode digunakan untuk memindai dokumen lebih dari satu dan dilakukan secara berurutan. Sedangkan, single mode digunakan untuk mengambil satu dokumen saja. Secara fungsi, keduanya sama saja. Silakan pilih opsi yang kamu kehendaki.
  5. Selanjutnya, kamu perlu mengatur rotasi dan area yang akan dipindai.
  6. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk melakukan penyesuaian warna seperti auto, kontras, lighten, gray mode, black white, magic color, original, dll. Pilih warna terbaik yang membuat hasil pindaian tampak jelas.
  7. Jika semuanya dirasa sudah pas, ketuk ikon centang.
  8. Selesai. Proses scan semudah dan sesederhana itu dengan ponse pintar kamu.

Simpan dokumen digital kamu dalam bentuk JPEG atau PDF. Aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk langsung membagikan hasil pindaian ke sosial media dan ke email. Hasil yang dikirimkan akan berupa link.

Aplikasi scan dokumen seperti CamScanner bisa digunakan untuk memindai berbagai dokumen termasuk catatan, sertifikat, ijazah, papan tulis, tanda terima, kartu keluarga, kwitansi, nota, dll. Aplikasi ini juga tergolong memiliki fitur yang cukup lengkap. Beberapa fitur tersedia dalam versi gratis, dan ada beberapa fitur yang hanya bisa diakses pada versi premium. Di bawah ini fitur-fitur aplikasi CamScanner:

  1. Mendeteksi halaman secara otomatis
  2. Memotong halaman secara otomatis
  3. Memindai majalah dan nota
  4. Memindai kartu identitas seperti KTP, fitur ini tersedia untuk versi premium.
  5. Kamu bisa upload file ke penyimpanan cloud dengan mudah seperti Box, Dropbox, Google Docs, dll sehingga bisa diakses di berbagai perangkat.
  6. Fitur fax dan print, sehingga kamu bisa langsung mencetaknya.
  7. Pengaturan ukuran halaman. Terdapat berbagai pengaturan halaman mulai A3, A4, A5, dll.
  8. Menggabungkan berbagai dokumen menjadi satu dokumen.
  9. Menerapkan password untuk dokumen
  10. Hasil scan bisa dikirim langsung via email, sosial media dan SMS. Hasil scan akan berupa link.
  11. Memindai teks untuk disalin, fitur ini tersedia untuk versi premium.

Penutup

Berkat teknologi, memindai dokumen kini tak sulit lagi dan kamu tak perlu pergi ke percetakan atau pusat fotokopi. Siapapun bisa membuat dokumen digital untuk berbagai keperluan dengan menggunakan printer yang mendukung fitur scan maupun ponsel android dan iPhone. Keduanya sama-sama menghasilkan dokumen digital yang cukup jelas, hanya saja tak akan sejelas dokumen aslinya.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *