-  5 menit membaca

Cara Memotong Video di Android

Cara Memotong Video di Android

Memposting video di sosial media seperti facebook, Instagram, twitter dan lainnya adalah suatu hal yang paling sering dilakukan pada saat ini. Baik itu video buatan sendiri ataupun video hasil download dari media yang lainnya. Bahkan seseorang yang berprofesi sebagai content creator dalam bentuk video seperti youtuber juga harus selalu upload video secara rutin.

Agar hasil video bisa bagus dan maksimal sesuai dengan kebutuhan dan keinginan kita, maka harus tahu cara edit video untuk mendapatkan hasil video yang lebih bagus dan lebih rapi. Misalnya pada saat kita merecord video dan ada beberapa scene yang harus dihapuskan karena tidak bagus. Pastikan kamu tahu cara memotong video untuk menghapus scene yang tidak kamu inginkan tersebut.

Cara Memotong Video di Android Tanpa Aplikasi

Cara memotong video di Laptop memang terdengan familiar, namun sekarang kamu juga bisa memotong video di Android. Cara memotong video di smartphone Android juga sangat mudah. Bahkan di beberapa handphone seperti merek Xiaomi, Oppo, Samsung dan lainnya juga sudah disediakan fitur edit atau potong video. Untuk lebih jelasnya langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Memotong Video di HP Android

  • Buka Galeri. Silahkan buka galeri HP Android kamu sekarang.
  • Pilih Video. Persiapkan video yang akan diedit atau dipotong. Buka video tersebut.
  • Pilih Ikon Titik Tiga. Selanjutnya, tap atau sentuh ikon titik tiga yang berada di layar.
  • Pilih Menu Trim. Temukan menu Trim Selector pada bagian bawah. Tap/sentuh Selector warna biru yang ada di sisi kiri untuk pilih video dari awal. Atau sisi kanan untuk mengetahui titik akhir video.
  • Gerakkan Selector. Gerakkan selector sampai mendapat bagian video yang kamu rasa pas.
  • Putar Kembali Video. Putar kembali video yang sudah kamu atur dan sudah dipotong.
  • Simpan. Simpan/Save video yang sudah dipotong.

2. Memotong Video di HP Xiaomi

Secara umum langkah-langkah pada tutorial memotong video di hp xiaomi hampir sama dengan merek hp Android yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu dengan memanfaatkan fitur yang sudah ada dan tanpa aplikasi. Mungkin tata letak menu yang membedakan yang mana jika kita tidak familiar akan membuat sedikit kebingungan.

Buka galeri

Pertama, silahkan buka galeri di android Xiaomi. Temukan video yang akan dilakukan editing atau pemotongan video, lalu buka video tersebut.

Buka Galery Xiaomi

Pilih menu Edit

Jika video sudah dibuka akan terlihat beberapa menu yang ada di bawahnya. Pilih Menu Edit yang berupa ikon tongkat ajaib.

Pilih menu edit di hp xiaomi

Lalu pilih menu Potong pada ikon bergambar gunting.

Geser Trim Selector

Pada bagian bawah video kamu akan melihat trim selector. Untuk memotong video kamu bisa geser Trim Selector sesuai dengan keinginanmu untuk memilih bagian mana yang akan dipotong pada video tersebut.

Centang pada memotong video di xiaomi

Pada gambar di atas, pemotongan video di galeri Xiaomi ini pada bagian akhir video. Sekitar beberapa detik.

Sampai langkah ini, mainkan terlebih dahulu videonya untuk melihat hasil edit memotong video, apakah sudah sesuai atau tidak.

Jika sudah, klik Tanda Centang.

Simpan video

Tap simpan untuk proses meyimpan video

Pilih menu Simpan untuk menyimpan video. Tunggu proses penyimpanan video yang sudah dipotong selesai.

Cek video yang sudah dipotong tersebut di gallery HP Xiaomimu. Mudah dan gampang banget kan cara memotong video tanpa aplikasi di Xiaomi ini? Kamu bisa mencobanya sendiri sekarang.

3. Memotong Video di HP OPPO

Bagi para pengguna HP Oppo, kamu juga bisa memotong video tanpa aplikasi. Caranya juga mudah dan kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Buka galeri

Pilih video yang akan di edit

Buka video yang akan di edit namun jangan diputar

Pilih menu Edit

Memilih menu Edit video di HP OPPO
Memilih menu Edit video di HP OPPO

Trim untuk potong video

Edit dan potong video dengan menggeserkan Trim Selection sesuai dengan bagian mana yang akan kamu potong.

Mengatur pemotongan video melalui menu trim

Selanjutnya pilih menu Berikutnya untuk melanjutkan edit video hingga ketemu menu Selesai.

Tunggu hingga proses pemotongan video berhasil. Sekarang kamu bisa langsung cek kembali galeri handphone Oppo kamu.

Cara Memotong Video di Android Menggunakan Aplikasi

Dengan bantuan aplikasi, memotong video di Android bisa eksplorasi ke tahap yang lebih kompleks mengingat suatu aplikasi pihak ketiga tentunya menyediakan fitur-fitur video editing yang menarik. Dan fitur-fitur yang ditawarkan tidak kalah dibandingkan dengan aplikasi untuk komputer atau laptop. Memotong video menggunakan aplikasi Android bisa kamu simak di bawah ini.

1. Kinemaster

Aplikasi edit video di smartphone Android yang bisa kamu gunakan untuk memotong video adalah Kinemaster. Bagaimana cara memotong video di Kinemaster? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

1. Instal Aplikasi Kinemaster

Pastikan kamu sudah download dan instal aplikasi Kinemaster di HP Androidmu. Kalau sudah terinstal kamu bisa buka aplikasinya.

2. Menambahkan Video

Tambahkan video dengan memilih menu ikon action camera dan tanda plus.

Menambah video ke kinemaster

Sebelum memulai edit video, kamu akan diminta untuk memberi nama project tersebut, memilih tema video, memasukkan audio tambahan dan lewati hal-hal yang tidak diperlukan dengan menekan menu Berikutnya.

3. Edit video

Tap pada Trim Selection dengan menggeser di bawah untuk memotong video lalu pencet tombol Cut dengan gambar ikon gunting.

Geser Trim Selection dan Potong

Pangkas Video ke Kiri atau Pangkas Video ke Kanan untuk memotong bagian videonya.

PIlih Pangkas Ke Kir atau ke Kanan

4. Simpan

Untuk menyimpan video yang sudah diedit, pilih menu ikon Share di sebelah kiri layar.

Pilih share untuk menyimpan video

Lalu pilih resolusi dan kualitas video lalu pilih Ekspor untuk simpan videonya.

2. FilmoraGo

Aplikasi edit video berikutnya yang bisa kamu gunakan adalah aplikasi FilmoraGo. FilmoraGo merupakan aplikasi editor video gratis yang di kembangkan oleh Wondershare Software dan mempunyai banyak pengguna.

1. Instal FilmoraGo

2. Tambahkan video

Tap menu Buat Video Baru, maka FilmoraGo akan membaca isi folder galeri smartphone kamu. Dari situ silahkan pilih video yang akan di edit.

Tambahkan video ke filmoraGo

3. Edit video

Memotong video di FilmoraGo cukup memainkan menu Trim, yaitu dengan menggeser ke kanan atau ke kiri.

Potong Bagian dengan Menggeser Term Selection Video

4. Simpan

Selanjutnya simpan video. Kamu bisa melihat langsung hasil editan dengan memilih menu Pratinjau.

3. Power Director

PowerDirector besutan CyberLink.com ini cukup banyak peminat. Fitur yang dimiliki sudah mendukung editing video 4K. Disamping itu, fitur lainnya adalah speed adjustment yang mana kamu bisa membuat video kamu kedalam slow motion.

Untuk cara memotong video menggunakan PowerDirector ini cukuplah mudah, hampir sama dengan langkah-langkah di atas pada aplikasi potong video lainnya.

Topik artikel:

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *