-  6 menit membaca

Aplikasi Presentasi

Aplikasi Presentasi

Powerpoint merupakan aplikasi presentasi yang paling banyak digunakan dari seluruh kalangan masyarakat di seluruh belahan dunia. Software besutan Microsoft tersebut boleh dibilang menjadi standar software presentasi yang paling umum.

Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak alternatif aplikasi presentasi lainnya yang tak kalah powerful dan menarik? Beberapa di antaranya dapat digunakan secara offline, sementara beberapa lainnya masih hanya tersedia secara online. Untuk selengkapnya, berikut adalah rekomendasi aplikasi presentasi kreatif terbaik selain powerpoint.

1. Adobe Spark

Adobe Spark

Adobe Spark merupakan aplikasi desain grafis gratis. Adobe Spark dikenal sebagai salah satu tool terbaik untuk kategori visual storytelling sehingga banyak pula digunakan untuk berbagai kebutuhan desain grafis, termasuk presentasi.

Ada banyak pilihan template apik dan profesional yang dapat dipakai. Penggunaan Adobe Spark pun terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu mengunggah gambar serta memasukkan teks pendukung.

2. Prezi

Prezi

Software presentasi ini biasanya banyak digunakan oleh pelajar. Salah satu hal yang cukup ikonik dari Prezi adalah fitur ZUI (Zooming User Interface). Melalui fitur ini, materi presentasi dapat diperbesar dengan lebih praktis dan menarik sekaligus dinavigasikan dengan cara yang lebih atraktif.

Prezi menggunakan teknologi cloud dengan menghadirkan kanvas virtual sehingga kamu lebih mudah untuk mengembangkan ide presentasi. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu dapat menggunakannya secara online maupun offline sesuai kenyamanan.

3. Canva

Canva

Canva adalah aplikasi desain grafis gratis lainnya yang populer. Aplikasi presentasi online ini sangat mudah digunakan. Tampilannya yang user friendly pun memungkinkan pemula dapat dengan cepat mempelajari serta menghasilkan presentasi apik seperti seorang profesional.

Template desain yang tersedia di Canva sangat banyak—termasuk pilihan rasio untuk digunakan di berbagai platform. Kamu pun dapat menggunakan tool pengganti Powerpoint ini di laptop atau komputer maupun smartphone.

4. Slides.com

Slides.com

Slides.com merupakan aplikasi presentasi berbasis web browser. Software ini dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan presentasi modern masa kini. Seperti contoh, kamu dapat menggunakan Live Present Mode untuk mengontrol tampilan tertentu yang dapat dilihat oleh viewers saat sedang di pertemuan, conference call, dan sebagainya.

Slides.com sangat cocok digunakan untuk berkolaborasi. Masing-masing anggota tim dapat memberi komen, feedback, serta notifikasi saat sedang mengerjakan. Di samping itu, Slides.com juga merupakan satu-satunya tool presentasi dengan format open source seutuhnya.

5. Slidedog

Slidedog

Aplikasi presentasi selain Powerpoint lainnya adalah Slidedog. Slidedog mempunyai cara kerja yang relatif berbeda dibandingkan software sejenis lainnya. Aplikasi ini akan mengolah dan mengumpulkan bermacam-macam jenis file yang menjadi bahan presentasi ke dalam satu interface.

Hasil presentasi Slidedog memberi kesan yang lebih profesional dan terintegrasi. Oleh karena telah disatukan oleh sebuah interface, aplikasi lain pun dapat secara otomatis membuka file tersebut ketika presentasi ditayangkan.

6. Focusky

Focusky

Aplikasi presentasi gratis ini sedikit banyak mirip dengan Prezi. Format zooming menjadi salah satu fitur andalan Focusky dalam membuat tampilan presentasi lebih atraktif. Selain itu, desain presentasi animasinya yang interaktif juga menjadikan aplikasi ini sangat banyak digunakan di bangku sekolah.

Penggunaan Focusky juga sangat mudah. Kamu hanya perlu melakukan drag and drop. Kanvas virtual yang disediakan pun tak terbatas sehingga kamu dapat puas dalam menyusun presentasi.

7. Visme

Visme

Visme memungkinkan kamu menampilkan aplikasi yang menarik sekaligus interaktif dengan fitur yang mengizinkanmu memasukkan data grafik. Mulai dari grafik batang, lingkaran, hingga peta dan tabel, semua dapat diakomodasi oleh aplikasi presentasi cerdas yang satu ini.

Software satu ini dilengkapi berbagai fitur animasi untuk membuat presentasi jadi lebih hidup. Di samping itu, Visme juga menyediakan fitur untuk menambahkan teks, mengatur arah kemunculan objek, serta durasi animasi tiap objek pada timeframe yang disepakati.

8. Emaze

Emaze

Tool ini dilengkapi berbagai fitur yang mempermudah kamu dalam menciptakan hasil presentasi apik. Pilihan umum jenis template-nya, Emaze hanya menyediakan dua, yakni design dan educational design. Namun tenang saja, kendati kategori umumnya terbatas, ada banyak pilihan desain alternatif yang dapat digunakan.

Emaze termasuk kelompok aplikasi presentasi berbasis online. Untuk mengaksesnya, kamu harus terlebih dahulu mendaftarkan diri dengan cara memasukkan email serta password.

9. Haiku Deck

Haiku Deck

Aplikasi presentasi pengganti Powerpoint ini mengacu pada teori Presentation Zen Garr Reynold yang populer, yakni simpel, jelas, dan fokus. Dengan begitu, audiens dapat menerima pesan presentasi secara lebih efektif.

Haiku Deck telah menyediakan berbagai template bergambar. Nantinya, kamu hanya perlu menambahkan kalimat-kalimat sederhana yang menjadi fokus presentasi. Perancangan aplikasi ini memang sengaja menghindari pengguna terjebak dalam kerumitan saat membuat presentasi seperti pada umumnya.

10. LibreOffice Impress

LibreOffice Impress

LibreOffice menyediakan layanan pembuat presentasi dengan hasil profesional yang berkelas. Aplikasi untuk membuat presentasi multimedia ini pun dapat ditambahkan berbagai macam informasi baik berupa teks, gambar, animasi, hingga grafik vektor.

LibreOffice cocok digunakan bila kamu masih sangat terbiasa dengan PowerPoint. Perangkat lunak ini bahkan memungkinkanmu untuk melakukan impor serta perubahan pada presentasi yang dibuat dengan Microsoft Powerpoint. Di samping itu, kamu tentunya juga dapat mengubah file ke dalam bentuk PDF.

11. Slidebean

Slidebean

Bila tak punya banyak waktu untuk menyiapkan materi yang detail Slidebean adalah pilihan terbaik. Kamu hanya perlu membuat semacam kerangka atau outline, header, mengunggah gambar, memilih tema, dan beberapa lainnya. Selanjutnya, Slidebean akan menghadirkan slide yang diharapkan.

Slide yang dibuat secara otomatis ini akan mengatur dan menata semuanya, lalu hasilnya bisa diubah kalau kamu merasa ada yang kurang pas. Aplikasi ini sangat efektif untuk membuat materi presentasi yang baik dan tertata dengan lebih cepat.

Untuk menikmati fasilitas ini, kamu tidak bisa mendapatkannya secara gratis. Sebaliknya, kamu perlu mengeluarkan dana sekitar USD$10 setiap bulannya.

12. Zoho Show

Zoho Show

Kamu mungkin tak akan menemukan terlalu banyak perbedaan antara Zoho Show dan Microsoft Powerpoint biasanya. Dari segi user interface-nya pun sangat mirip dengan produk besutan Microsoft tersebut.

Kamu perlu melakukan log in terlebih dahulu sebelum dapat menggunakan Zoho Show. Cukup masuk via Google atau Facebook, lalu kamu pun bebas mengeksplorasi aplikasi ini.

13. Academic Presenter

Academic Presenter

Tampilan Academic Presenter tidak terlalu modern, tetapi cukup menarik. Aplikasi ini sangat cocok bagi kamu yang butuh media presentasi guna menyajikan banyak grafik.

Software ini dapat digunakan secara offline. Namun, kamu juga dapat mengembangkan presentasi dan mengunggah sekaligus membagikannya di berbagai media sosial termasuk blog serta situs web.

14. Keynote

Keynote

Bagi pengguna Mac, manfaatkan Keynote yang telah menjadi produk bawaan laptop. Aplikasi ini memiliki desain yang sederhana, tetapi sangat elegan. Namun jangan salah, bagian dalamnya ternyata tidak sepolos terlihat di luar.

Keynote mempunyai banyak pilihan tema, animasi dan efek slide di atas rata-rata, kecepatan program di atas rerata, fitur yang sangat lengkap, dan lain-lain. Hanya saja, sebagaimana produk Apple kebanyakan yang eksklusif, kamu mungkin akan mengalami kendala jika memindahkannya ke platform lain.

15. Google Slides

Google Slide

Software ini sangat cocok digunakan untuk kepentingan berkolaborasi dengan beberapa orang sekaligus dalam menyiapkan presentasi. Interface aplikasi berbasis web ini pun terbilang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

Google Slides tidak memiliki terlalu banyak fitur. Namun, hal ini justru menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu yang memang ingin menghasilkan presentasi yang ‘bersih’.

Jadi, siap membuat presentasi yang lebih menarik dan tak membosankan?

Topik artikel:

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *