-  6 menit membaca

Cara Membuat Video dari Foto dengan Lagu

Cara Membuat Video dari Foto dengan Lagu

Semakin hari, aktivitas multimedia digital semakin banyak dilakukan dan diperlukan. Salah satunya adalah membuat video. Anda pun tentu kini dapat mengamati betapa semakin menjamurnya konten digital—baik iklan maupun sebatas sharing pribadi – yang berbasis video, bukan?

Dari segi bisnis, jasa pembuatan video juga semakin banyak dicari. Oleh karena itu, Anda yang memiliki ketertarikan dengan desain grafis maupun seni tak ada salahnya memperdalam skill yang satu ini.

Sebagai permulaan, Anda dapat membuat video sederhana berupa slideshow, yakni video yang berisi kolase foto. Jangan lupa untuk menyertakan lagu yang pas guna menambah nilai keseluruhan. Tenang saja, ada beberapa pilihan cara membuat video dari foto dengan lagu yang mudah seperti berikut ini.

1. Membuat Video dari Foto dengan Lagu Menggunakan Hp

Alternatif pertama membuat video slideshow lengkap dengan backsound adalah menggunakan hp. Hal ini merupakan sebuah terobosan tersendiri. Pasalnya, editing video yang dulunya dinilai cukup kompleks dan hanya dapat dilakukan menggunakan komputer kini sudah dapat dilakukan dari smartphone saja.

Terdapat banyak aplikasi video maker atau video editor yang dapat dipilih. Namun sebagai permulaan, gunakan VideoShow. Aplikasi edit foto jadi video musik ini sangat populer dan telah diunduh sebanyak lebih dari 100 juta user.

Membuat video dari foto dengan lagu menggunakan videoshow
Sumber gambar: Videoshow play.google.com

Cara membuat video dari foto di hp menggunakan VideoShow sangat mudah. Untuk lebih jelasnya, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan setelah mengunduh dan menginstal aplikasi.

Siapkan Terlebih Dahulu Konsep Video

Sebelum memulai lebih jauh, langkah paling awal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan konsep video. Apa tujuan pembuatan video ini? Siapa audiens atau target penonton video? Tema apa yang sebaiknya digunakan agar pesan video sampai kepada audiens? Seberapa lama kira-kira durasi video agar audiens tidak merasa jenuh?

Siapkan dengan baik konsep video yang akan dibuat. Hal ini akan sangat menentukan langkah-langkah apa saja yang diambil ke depannya. Temukan keunikan video Anda dan cobalah untuk memunculkannya dengan timing dan teknik yang pas. Agar lebih mudah, buatlah terlebih dahulu storyboard.

Memilih Gambar yang Akan Digunakan

Setelah menentukan tema dan memiliki gambaran bagaimana video tersebut akan terlihat nantinya, kini saatnya memilih gambar. Buka aplikasi VideoShow, lalu klik menu Photo & Video. Pilih foto-foto yang sesuai dengan tema. Jika telah selesai, klik perintah Start untuk memulai proses editing.

Mulai Mengedit

Proses editing pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan memilih tema. Pilihlah tema yang dirasa paling cocok dengan konsep video. Setelah selesai, Anda bisa melanjutkan pengaturan durasi.

Langkah selanjutnya adalah menambahkan latar musik atau lagu. Pastikan musik atau lagu yang diinginkan sudah lebih dulu tersedia pada penyimpanan. Anda dapat memilih musik atau lagu pada tab My Songs. Bila hanya ingin mengambil bagian tertentu pada musik atau lagu pilihan, atur pada bagian Precise Time untuk hasil lebih presisi atau cukup geser penanda yang tersedia ke kanan atau kiri. Bila telah selesai, klik Add Music.

Anda mungkin juga ingin menambah efek tertentu untuk menyempurnakan slideshow. Ada banyak fitur yang tersedia pada menu Pro Edit. Pilih saja fitur sesuai kebutuhan, seperti adanya teks, stiker, dan lain-lain. Jika telah selesai, jangan lupa menyimpan video dalam format MKV dengan menekan logo tanda panah di sisi pojok kanan atas.

2. Membuat Video dari Foto dengan Lagu Menggunakan Laptop/Komputer

Cara membuat video dari foto dengan lagu berikutnya adalah menggunakan laptop atau komputer. Bagi sebagian besar orang, proses edit foto PC dirasa lebih nyaman. Pasalnya, layar yang lebih besar memungkinkan pengerjaan editing lebih mendetail. Gambar yang dihasilkan pun relatif lebih tajam.

Software yang banyak dan mudah digunakan untuk melakukan pembuatan video musik slideshow adalah Windows Movie Maker. Sesuai namanya, perangkat lunak ini tersedia untuk platform komputer atau laptop Windows.

Membuat Konsep Video

Seperti biasa, pastikan Anda sudah lebih dulu menyiapkan konsep video. Meski slideshow terbilang cukup sederhana, pastikan tetap ada alur yang jelas dan menarik sehingga tidak menimbulkan kekosongan maupun kebingungan bagi orang yang melihatnya nanti.

Membuka Aplikasi dan Mengimpor Gambar

Agar lebih mudah membuka aplikasi, ketikkan saja Windows Movie Maker pada tab search komputer Windows. Setelah itu, klik file .exe. Layar pun akan menampilkan bagian awal Movie Maker.

Untuk mulai memasukkan foto, klik pilihan Add Videos and Photos yang berada di tab Home. Foto yang dipilih nantinya akan muncul di sisi kanan. Sebagai catatan, akan lebih mudah bagi Anda untuk lebih dulu menyatukan foto-foto yang akan digunakan dalam sebuah folder khusus.

Mulai Mengedit

Atur durasi waktu setiap foto. Bila ingin menyamaratakan durasi seluruh foto, pilih saja opsi “all pics” agar lebih praktis.

Selanjutnya, masukkan musik atau lagu sebagai backsound. Software ini juga memungkinkan Anda memasukkan suara sendiri sebagai narasi. Caranya adalah dengan mengklik pilihan Record Naration. Setelah itu, klik Add Music untuk memasukkannya ke dalam video.

Agar keseluruhan audio seimbang, pastikan Anda juga melakukan pengaturan volume. Hal ini juga semakin krusial bila Anda menggunakan dua suara, yakni latar musik dan narasi.

Terakhir, lakukan editing animasi. Anda bisa membuat foto-foto tersebut bergerak agar tidak terlalu monoton. Di samping itu, ada pula transisi yang dapat diatur untuk membuat peralihan dari satu foto ke foto lain tidak terasa kasar.

3. Membuat Video dari Foto dengan Lagu Secara Online

Satu lagi cara membuat video dari foto dengan lagu adalah secara online. Anda dapat menggunakan Kizoa.com sebagai penyedia layanan ini.

Menyaipkan Konsep Video

Menyiapkan konsep edit foto untuk video
Sumber gambar: kizoa.com

Pastinya, langkah pertama sebelum mulai membuat slideshow menggunakan Kizoa.com adalah menyiapkan konsep video. Agar tak ada yang terlewat, buat catatan sederhana pada kertas atau media lainnya.

Mulai Menggunakan Kizoa

Cara membuat video dari foto online ini dimulai dari:

  • Membuat akun gratis terlebih dahulu
  • Setelah itu, lakukan konfirmasi sebelum log in
  • Adapun pada laman dashboard yang muncul setelah log in terdapat lima fitur: Upload, My Photos, Pembuat Slideshow, Slideshow Saya, dan My Account
  • Mulailah dengan membuat sebuah album. Pilih fitur Upload, lalu pilih perintah New di sudut kiri bawah laman
  • Setelah album terbuat, masukkan foto-foto yang akan digunakan
  • Kalau sudah selesai, kini saatnya mulai melakukan proses editing. Aturlah sebaik mungkin transisi, music, animasi, efek yang digunakan
  • Sebelum menyimpan, Anda dapat melihat terlebih dahulu hasil editing yang dilakukan. Bila sudah sesuai, simpan slideshow tersebut.

Itulah beberapa cara membuat video dari foto dengan lagu yang dapat Anda coba. Pilihlah metode serta platform yang dirasa paling nyaman. Sebagai permulaan, Anda tak perlu terlalu memusingkan berbagai teknik. Seiring dengan latihan terus menerus, latihlah skill serta feel untuk menghasilkan video yang apik.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *