-  6 menit membaca

Cara Membuat Channel Youtube Terbaru

Cara Membuat Channel Youtube Terbaru

Siapa tak kenal YouTube? Situs web berbagi video yang satu ini telah menjadi hal yang semakin melekat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat modern selama beberapa tahun terakhir. Platform ini bahkan mampu menyaingi acara televisi melalui jutaan konten dari berbagai kreatornya di berbagai belahan dunia setiap harinya.

Bahkan beberapa pengguna youtube yang kecanduan dengan konten-kontennya, sampai rela menyimpan video Youtube ke galeri atau ke hardisk mereka agar bisa ditonton berulang-ulang. Tentu konten-konten tersebut adalah konten bersifat tutorial untuk memudahkan dalam pembelajaran.

YouTube mulai hadir sejak tahun 2005. Situs ini didirikan oleh tiga mantan karyawan Paypal, yakni Chard Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim. Berpusat di San Bruno, California, YouTube menampilkan beragam konten video baik amatir maupun profesional dengan berbagai kategori seperti pendidikan, humor, misteri, dan lain-lain.

Content Creator dengan Penghasilan Menjanjikan

Adapun sebagian besar content creator YouTube merupakan individu. Tak cuma sebatas berbagi konten video, para content creator pun berkesempatan menghasilkan pendapatan dari video yang diunggahnya. Tak main-main, penghasilan yang diraih pun mencapai nominal sangat besar. Setidaknya, lihat saja beberapa content creator terkenal di Indonesia seperti Atta Halilintar, Raditya Dika, Jess No Limit, dan lain-lain.

Oleh karena itu, banyak orang yang kini pun ingin mengikuti jejak mereka. Namun yang perlu diingat, menjadi seorang content creator sukses tidak melalui waktu singkat dan cara instan. Diperlukan kreativitas tinggi, kerja keras, serta konsistensi untuk mencapai tahap tersebut.

Mulai dengan Membuat Channel YouTube

Nah, bila kamu juga ingin berkecimpung secara profesional di YouTube sebagai content creator, cara paling awal yang harus dilakukan adalah memiliki channel YouTube. Kamu bahkan dapat membuatnya langsung dari ponsel saat ini juga. Bila masih bingung bagaimana melakukannya, berikut panduan lengkap cara membuat channel YouTube di hp.

1. Mempunyai Akun Google

Langkah pertama untuk membuat channel YouTube adalah dengan memiliki akun Google. Pasalnya, akun Google merupakan syarat utama bagi ponsel berbasis Android untuk dapat melakukan akses ke Play Store maupun layanan Google lainnya termasuk YouTube. Dengan akun Google, kamu dapat melakukan beberapa fitur standar YouTube seperti menonton dan menyukai video serta melakukan subscribe pada suatu channel YouTube. Sementara itu, bila telah memiliki channel YouTube, barulah kamu dapat melakukan pengunggahan video, memberi komentar pada sebuah video, dan lain-lain.

2. Masuk ke Laman YouTube

Bila sudah memiliki akun Google, kini saatnya log in ke laman YouTube. Pada layar bagian atas, klik tulisan Sign In.

Masuk ke akun google sebelum ke youtube

Masukkan saja identitas akun Google kamu, baik menggunakan email atau nomor ponsel yang telah didaftarkan berikut password-nya. Bila semua telah sesuai, klik Next untuk masuk ke laman utama YouTube.

3. Mulai Membuat Channel

Berikutnya adalah cara membuat channel YouTube baru. Klik foto kamu yang berada di sisi kanan atas laman, lanjutkan dengan memilih pilihan Your Channel atau Channel saya (menyesuaikan bahasa yang digunakan) di bagian paling atas.

Tap Your Channel untuk membuat channel

Kamu akan diminta untuk mengisi nama channel yang terdiri atas nama depan dan nama belakang. Tenang saja, nama channel YouTube tidak harus selalu menggunakan nama asli.

Mengisi nama channel youtube

Sebagai saran, gunakan nama yang mudah diingat dan menarik sehingga pengunjung YouTube tidak sulit untuk menemukan kamu. Namun, tak ada salahnya bila kamu ingin menggunakan nama asli sendiri.

Sampai di sini, kamu sebenarnya sudah berhasil membuat sebuah channel YouTube. Namun bila berniat menggunakan platform ini sebagai ladang penghasilan, masih ada beberapa langkah lain yang perlu dilakukan.

4. Mengenal Customize Channel dan YouTube Studio Beta

Masih di laman yang sama, kamu akan menemukan dua menu: Customize Channel dan YouTube Studio Beta. Customize Channel diperuntukkan pengisian informasi yang berkaitan dengan channel kamu seperti deskripsi channel, alamat email bisnis, dan tautan situs web bila ada. Sementara itu, YouTube Studio Beta adalah dashboard untuk melakukan berbagai pengaturan dan pemantauan.

5. Melakukan Kustomisasi dan Mengisi Informasi

Pada menu Customize Channel, kamu bisa mulai menambahkan banner atau channel art yang merepresentasikan diri atau channel tersebut. Gunakan gambar yang telah disiapkan sendiri dengan ukuran 2.560 x 1.440 pixels atau gambar yang yang telah disediakan YouTube.

Selanjutnya, deskripsikan channel YouTube kamu pada kolom deskripsi yang tersedia pada menu About. Buatlah keterangan sejelas dan semenarik mungkin sehingga pengunjung dapat mengenal channel kamu lebih baik. Pun seperti yang disampaikan sebelumnya, tak ada salahnya pula bila kamu meletakkan alamat email guna kepentingan bisnis.

6. Menyesuaikan Pengaturan Channel

Terakhir, kamu bisa menyesuaikan pengaturan channel. Pilih tanda berbentuk roda bergerigi di samping bagian tombol subscribe. kamu dapat mengatur apakah jumlah subscriber ingin ditampilkan atau tidak, pengaturan privasi, dan sebagainya.

Mulai Menghasilkan Uang dari YouTube

Cara Menghasilkan Uang dari Youtube

Setelah berhasil menyelesaikan cara membuat channel YouTube resmi di atas, kini saatnya kamu mulai berkarya. Buatlah sebuah video berkualitas yang dapat menarik perhatian pengguna YouTube sekaligus memberi manfaat.

Bila kamu masih tergolong baru dalam pembuatan video, tak perlu harus menunggu sempurna untuk mulai berkarya. Seiring berjalannya waktu, kamu dapat belajar untuk menguasai lebih banyak teknik sehingga menghasilkan kualitas video yang lebih baik. Yang terpenting, kamu harus berani terlebih dahulu untuk mencoba.

Jika video sudah siap, kini saatnya mengunggah. Klik tombol kamera yang berada di sisi pojok kanan atas, lanjutkan dengan klik Upload Video. Tunggulah sampai video terunggah 100 persen. Jangan lupa, isikan pula judul, deskripsi, serta tags yang sesuai.

Bila ada beberapa pengaturan tambahan seperti menampilkan atau tidak kolom komentar pada video, translate, dan lain-lainnya, aturlah di menu Advance Setting. Selanjutnya, klik tombol Publish untuk menayangkan video ke publik.

Tip Menghasilkan Uang dari YouTube

Usai seluruh rangkaian pembuatan channel, sekarang kamu hanya perlu fokus pada cara membuat channel YouTube yang menghasilkan uang. Sebagai disclaimer di awal, kamu tidak akan langsung mendapatkan uang begitu saja ketika video pertama diunggah. Ada berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk memperoleh penghasilan dari karya yang ditampilkan pada YouTube.

Syarat pertama adalah kamu harus terlebih dahulu memiliki subscriber dengan jumlah setidak-tidaknya adalah 1.000 akun subscriber. Di samping itu, kamu harus memastikan bahwa video yang diunggah tidak melanggar hak cipta serta memenuhi standar yang sudah ditetapkan pihak YouTube sendiri. Yang terbaru, kamu juga harus mempunyai jam tayang paling tidak 4.000 jam dalam 12 bulan sebelumnya.

Kalau seluruh syarat di atas terpenuhi, maka barulah kamu dapat melakukan monetisasi. Kamu akan terlebih dahulu diminta mendaftar atau mengaktifkan akun Google Adsense. Nantinya, pembayaran akan dilakukan melalui rekening yang didaftarkan.

Nah, itulah cara membuat channel YouTube melalui HP Android berikut tip guna mendapat penghasilan dari situs web video sharing ini. Sebagai catatan, kamu pun kini juga dapat melakukan pembuatan serta editing video pada smartphone saja melalui berbagai aplikasi mobile. Untuk berlatih hal editing, kamu bisa mulai dengan cara download lagu di youtube dari yang kamu suka lalu belajarlah memadukan dengan video kamu.

Bila memungkinkan, kamu pun dapat langsung menciptakan video apik nan berkualitas dari ponsel serta langsung membaginya pada channel YouTube sendiri.

Topik artikel:

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *