-  7 menit membaca

Cara Memperkecil Ukuran Video

Cara Memperkecil Ukuran Video

Video merupakan salah satu konten yang banyak dibuat saat ini. Banyak orang yang berprofesi sebagai content creator dalam bentuk video saat ini. Baik itu selebgram, youtuber, bahkan blogger pun tidak sedikit juga yang menggunakan video untuk melengkapi kontennya.

Hal ini karena gambar bergerak atau video lebih banyak disukai motion graphic-nya bisa menginformasikan secara detail apa yang ingin disampaikan. Tak hanya seorang content creator saja, bahkan kamu juga mungkin suka mengoleksi video?

Kamu bisa membuat video sendiri atau bahkan mendownload video yang kamu sukai. Tapi nih, video tentu saja akan memiliki ukuran yang besar. Kalau kamu menyimpan videonya di HP pasti akan memakan banyak ruang penyimpanan atau storage.

Tapi jangan khawatir karena saat ini kamu bisa kok memperkecil ukuran video dengan kuliatas resolusi yang tetap tajam. Penasaran bagaimana cara memperkecil ukuran video tapi kualitas tetap tajam dan bagus? Simak ulasan dan tata caranya berikut ini.

1. Kompres Video via Android

Pertama saya akan menjelaskan tentang cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas di Android. Kamu tidak bisa langsung kompres ukuran video di Android. Ya, kamu harus install dulu aplikasi untuk kompres video khusus android. Disini saya menggunakan aplikasi kompres video yang bernama Video Compress. Kamu bisa langsung download dan install dulu aplikasinya di smartphone android kamu.

Instal Aplikasi Video Compress

Pertama silahkan instal dulu aplikasi video compress yang bisa kamu unduh di google play store. Jika sudah terinstal, buka aplikasinya sekarang.

Pilih Video yang Akan Dikompres

Selanjutnya, kamu akan melihat beberapa folder video di sana. Nah, kamu bisa buka foldernya dan cari video yang akan kamu kompres atau kecilkan ukurannya.

Pilih dan Masukkan Video yang Akan Dikompres

Setelah menemukan videonya kamu bisa klik video tersebut.

Pilih Video yang Akan Dikompres ke Aplikasi

Pilih menu Compress Video

Kamudian kamu akan melihat beberapa menu pilihan yang ada di samping sebelah kiri video. Untuk memperkecil ukuran video kamu bisa pilih menu Compress Video.

Pilih menu Compress Video

Memilih kualitas kompres

Berikutnya kamu akan diminta untuk memilih ukuran video. Nah, agar video yang kamu kompres tersebut masih bisa tetap bagus kualitasnya, kamu bisa pilih ukuran yang ada di menu High Quality.

Pilih Ukuran Video di Menu High Quality

Disini saya pilih ukuran yang direkomendasikan oleh pihak Video Compress dengan ukuran 360px. Jadi, ukuran paling kecil tapi kualitas videonya tetap bagus. Kamu bisa pilih ukuran dan sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan.

Setelah memilih ukuran, maka secara otomatis video akan diperkecil ukurannya. Tunggu hingga proses kompres video selesai.

Jika sudah selesai, maka secara otomatis video yang sudah di kompres tersebut dimainkan secara otomatis agar kamu bisa langsung melakukan pengecekan atas hasil kompres tersebut. Untuk lokasi file video yang terkompres, kamu bisa lihat hasilnya di folder atau galeri dengan nama SuperVideoCompressor.

Mudah banget kan cara memperkecil ukuran video tanp mengurangi kualitas di android ini? Kamu bisa mencobanya sendiri sekarang!

2. Kompres Video via iPhone

Buat kamu pengguna Iphone nih. Untuk memperkecil video di Iphone kamu juga bisa mendownload dan menginstal aplikasi kompres video di App Store. Di sini saya menggunakan aplikasi Video Compress juga namanya dan kamu bisa download dan instal di App Store.

Oke, selanjutnya untuk cara mengecilkan ukuran video di Iphone kamu bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Install aplikasi Video Compress

Buka App Store dan instal aplikasi Video Compress terlebih dahulu. Tunggu hingga proses unduh dan install aplikasi selesai. Lalu buka aplikasinya.

Memilih video

Sekarang kamu bisa mulai kompres video yang ingin dikecilkan ukurannya. Kamu bisa klik ikon Compress pada laman utama setelah membuka Video Compress.

Selanjutnya kamu bisa langsung pilih video yang akan kamu kompres atau kecilkan ukurannya. Klik atau Pilih Videonya.

Pilih video yang akan dikompres

Kalau sudah secara otomatis kamu akan diarahkan untuk memainkan video. Nah, kalau sudah seperti ini, kamu bisa klik tanda ikon Centang yang ada di pojok kanan atas.

Menentukan kualitas video

Sekarang kamu bisa pilih ukuran video mau seberapa. Saya sarankan kamu pilih ukuran video yang sudah direkomendasikan agar nantinya hasil atau kualitas video masih tetap bagus tidak pecah.

Menyesuaikan ukuran video yang akan dikompres

Kamu bisa menambah atau mengurangi ukuran video dengan menggeser ikon yang saya tandai seperti gambar di atas. Kamu bisa geser ke kanan untuk menambah ukuran video atau ke kiri untuk membuat ukuran lebih kecil lagi.

Jika sekiranya sudah menentukan ukuran, kamu bisa langsung klik ikon Download yang ada di pojok kanan atas untuk memulai proses kompres video di iPhone kamu. Tunggu hingga proses kompres video selesai.

Simpan video

Klik Ikon Save untuk menyimpan video yang sudah diperkecil ukuran ke galeri smartphone kamu.

Save video ke galeri iPhoine

Cek video di galeri, apakah berhasil di kecilkan ukurannya? Mudah dan gampang banget kan cara memperkecil ukuran video di HP iPhone ini?

3. Kompres Video via Handbrake

Buat kamu yang kebetulan menggunakan PC atau laptop dan ingin tahu bagaimana cara mengecilkan ukuran video melalui PC/Laptop, kamu bisa coba kompres video menggunakan software Handbrake.

Handbrake sendiri merupakan software aplikasi yang bisa digunakan untuk memperkecil ukuran video di Laptop atau PC yang support operating system di Windows, Linux dan macOS.

Kamu bisa download software Handbrake ini dulu secara gratis. Kalau sudah kamu bisa langsung ikuti langkah-langkah cara kompres video memakai handbrake berikut ini.

Instal handbrake

Silahkan download dan instal dulu software Handbrake untuk kompres video.

Setelah berhasil terinstal kamu bisa langsung buka software tersebut untuk segera malakukan kompres video.

Masukkan video untuk di kompres

Select atau masukkan video yang ingin di kompres. Kamu bisa langsung drop video/geser video ke aplikasi Handbrake agar lebih mudah.

Mengatur video kompres video

Pada menu Summary centang pilihan menu Web Optimazed.

Centang web optimized pada pengaturan kompres

Berkutnya ke tab Video di sebelah kanan, pilih menu Video Codec menjadi H.264 (x264).

Ubah Video Codec di Menu Video

Start encode / mulai kompres

Pilih Start Encode pada tab menu seperti yang terlihat pada gambar.

Pilih start encode pada menu handbrake

Tunggu hingga proses encode selesai. Jika sudah selesai, maka secara otomatis ukuran video akan mengecil hingga 50%-nya.

4. Kompres Video via Online

Selain bisa memperkecil ukuran video dengan aplikasi atau software, kamu juga bisa mencoba cara memperkecil ukuran video secara dengan mengunjungi situs-situs compressor video yang sudah banyak tersedia saat ini.

Mau tahu apa saja situs-situs untuk kompres video online? Langsung saja yuk simak ulasannya berikut ini.

Kompres Video Online di VideoSmaller

Kunjungi Situs Kompres Video

situs kompres video online yang pertama yang bisa kamu coba gunakan adalah videosmaller.com. Ikuti langkah-langkahnya berikut ini untuk memperkecil ukuran video di situs videosmaller.com berikut ini.

Upload video

Masukkan video yang akan kamu compress dengan klik Browse.

Setelah itu, klik upload video untuk di kompres. Tunggu hingga proses upload video selesai.

Download hasil video

Jika proses kompres telah selesai, klik Download file untuk mendapatkan hasil kompres video.

Kompres Video Online di YouCompress

Selain VideoSmaller di atas, ada lagi situs kompres video online yang juga bisa kamu gunakan. Nama situsnya adalah Youcompress.com. Untuk tahu bagaimana cara memperkecil ukuran video menggunakan YouCompress ini simak langkah-langkahnya berikut ini.

Buka Situs YouCompress

Buka browsermu lalu kunjungi situs Youcompress.com

Upload video

Pilih dan masukkan video yang akan diperkecil ukurannya dengan klik Select File.

Upload file video di Youcompress

Lalu klik Upload File & Compress untuk memproses kompres.

Download video

Jika proses upload sudah selesai, maka secara otomatis akan muncul menu Download dengan keterangan berapa persen pihak YouCompress telah melakukan kompresi pada video. Pilih Download Video.

5. Kompres Video via Movie Maker

Lanjut ke cara mengecilkan ukuran video di PC atau laptop yang terakhir. Kamu bisa coba menggunakan software Movie Maker. Sebelumnya pastikan kamu sudah download software Movie Maker ini di laptop atau PC kamu.

Ikuti langkah-langkah mengubah ukuran video di Movie Maker seperti berikut ini.

Memilih video

Tambahkan video yang akan kamu kecilkan ukurannya. Untuk menambahkan video kamu bisa pilih menu Add Videos or Photos seperti yang terlihat pada gambar.

Menambahkan video pada movie maker

Atur ukuran video

Pilih menu yang ada di pojok kiri atas seperti yang terlihat pada gambar. Lalu, pilih Save Movie > Create Custom Setting untuk mengubah ukuran video.

Pilih create custom setting untuk mengatur video

Selanjutnya kamu bisa ubah ukuran video sesuai dengan keinginanmu. Dan pastinya ukuran videonya lebih kecil dari ukuran sebelumnya.

Mengubah ukuran video dan menyimpannya

Klik Save! Selesai. Mudah dan gampang banget kan cara mengubah ukuran video melalui Movie Maker.

Itulah beberapa cara mengecilkan ukuran video tanpa mengurangi kualitas videonya tetap bagus. Dalam hal cara memotong video, kamu bisa pilih cara yang paling mudah dari cara-cara di atas untuk efisiensi waktu kamu. Selamat mencoba dan terimakasih!

Topik artikel:

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *