-  5 menit membaca

Cara Print Bolak Balik

Cara Print Bolak Balik

Agar lebih hemat kertas, kamu bisa menyiasatinya dengan print bolak-balik. Hal ini juga banyak dilakukan orang-orang yang sadar lingkungan dengan tidak menggunakan kertas terlalu banyak. Mencetak di kedua sisi kertas jelas sangat menghemat kertas hingga setengahnya. Jika seharusnya kamu mencetak 100 halaman dengan 100 kertas, dengan print bolak balik kamu hanya memerlukan 50 kertas saja.

Selain kertas yang lebih sedikit sehingga kamu jadi lebih hemat, print bolak balik juga membuat dokumen lebih tipis dan ringkas. Sehingga jika kamu mencetak dalam jumlah banyak, dokumen/buku tidak akan begitu berat. Bayangkan saja berapa kilogram beban dokumen 100 lembar? Jika jumlahnya hanya 50 lembar bebannya jelas berkurang.

Print bolak-balik sering kamu jumpai di percetakan dan tempat fotokopi. Tapi tahukah kamu bahwa kamu juga bisa print bolak balik dengan menggunakan printer sendiri di rumah. Di dalam artikel ini akan kita bahas cara print bolak balik secara otomatis, secara manual, juga cara print bolak balik PDF.

Langkah-langkah Cara Print Bolak Balik Secara Otomatis

Print bolak balik secara otomatis hanya mungkin dilakukan oleh printer yang sudah mendukung percetakan duplex. Printer tersebut biasanya sudah menyediakan pengaturan otomatis untuk dokumen duplex sehingga tak perlu lagi konfigurasi manual. Pertama-tama, kamu harus mengaktifkan fitur tersebut.

  1. Buka file yang hendak kamu cetak, kemudian print seperti biasa.
  2. Sebelum mencetak, masuk ke pengaturan printer kamu (letaknya di bawah kolom Printer),
  3. Kemudian, ceklis pada opsi Double-sided printing atau opsi Print on Both Sides.
  4. Secara otomatis printer akan mencetak dokumen bolak-balik.
Print Bolak Balik Secara Otomatis

Kamu juga tetap bisa mengatur secara manual agar printer kamu bisa mencetak bolak balik jika opsi otomatis tersebut tidak tersedia. Silakan ubah pengaturan Default menjadi Duplex setiap kali hendak mencetak bolak balik.

Cara Print Bolak Balik Secara Manual

Beberapa printer belum mendukung pencetakan duplex, sehingga pilihan satu-satunya agar kamu bisa print bolak balik adalah dengan cara manual. Setelah selesai mencetak halaman pertama, ambil kertas kemudian letakkan kembali di sisi lainnya yang masih kosong. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka file Microsoft Word yang hendak kamu cetak. Lalu klik print.
  2. Lihat kotak dialog print yang terletak di bagian bawah kolom Printer.
  3. Akan muncul beberapa menu, pada menu Print on Both Side pilih Yes Flip Over.
  4. Gulir ke bawah, kemudian pilih menu Manual Duplex.
  5. Simpan pengaturan
  6. Masuk ke dokumen di Microsoft Word. Silakan print dokumen, Ms Word akan meminta kamu memasukkan halaman yang akan dicetak di sisi kertas selanjutnya. Ikuti langkah-langkahnya hingga proses cetak selesai.
Cara Print Bolak Balik Secara Manual

Print secara manual juga bisa melalui konfigurasi ala warnet dan fotokopi di artikel ini manual lainnya. Jika kamu hendak mencetak dokumen dengan halaman di bagian atas atau bagian bawahnya seperti jurnal atau skripsi, kamu bisa ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka dokumen Microsoft Word yang hendak kamu cetak.
  2. Klik print atau Ctrl+P
  3. Klik opsi Print All Pages kemudian gulir ke bawah dan pilih opsi Print Odd Numbered Page.
Cara Print Bolak Balik Manual dengan Odd Pages
  1. Kemudian, klik OK untuk mencetak halaman tersebut.
  2. Masukkan kertas ke printer. Cara print bolak balik manual ini mengharuskan kamu mengetahui fungsi pengumpan kertas. Silakan lakukan percobaan terlebih dahulu terhadap beberapa sampel kertas guna memastikan umpan printer sebelum kamu mulai mencetak halaman Odd (ganjil)
  3. Kini kamu sudah selesai mencetak halaman kertas ganji. Untuk mencetak halaman di sisi lainnya (halaman genap), masuk lagi ke dokumen Microsoft Word kamu.
  4. Klik Print kemudian pilih opsi Print Even Numbered Pages kemudian klik OK
  5. Printer akan mencetak halaman even (genap), tunggu hingga proses cetak selesai.
  6. Silakan cek terlebih dahulu dan memastikan apakah proses cetak sudah sesuai yang diharapkan.

Cara manual yang satu ini juga cukup mudah dan bisa dipraktekkan siapapun. Warung internet atau pusat fotokopi umumnya menggunakan salah satu cara di atas untuk mencetak dokumen bolak balik.

Cara Print Bolak Balik File PDF

Metode di atas digunakan untuk mencetak file di Microsoft, bagaimana jika kamu ingin mencetak file dalam format PDF? Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Buka file PDF yang hendak kamu cetak, lalu klik Print
  2. Lihat dialog print/setting print, di bawah menu pages ada dialog Print on Both Sides. Menu ini akan muncul jika printer yang kamu gunakan mendukung pencetakan duplex.
  3. Setelah selesai menyeusiakan pengaturan, klik Print

Tips Mencetak Dokumen Bolak Balik

Mencetak bolak balik secara manual dengan klik print satu persatu setiap halaman pasti akan sangat melelahkan. Kamu harus memastikan halaman mana yang sudah diprint dan belum diprint, juga harus memasukkan kertas satu persatu dan menekan tombol print berulang-ulang kali. Cara-cara di atas menjadi solusi sehingga print bolak balik menjadi lebih cepat.

Cara print bolak balik di excel juga menggunakan cara-cara di atas. Jika printer kamu mendukung pencetakan duplex, maka print bolak balik bisa dilakukan secara otomatis. Untuk itu, kami sarankan jika saat ini kamu berniat membeli printer baru, sebaiknya pilihlah printer yang telah memiliki fitur duplex. Printer keluaran terbaru umumnya sudah memiliki fitur tersebut baik itu dari merek Epson, Canon, HP, dll.

Cara print bolak balik printer epson L360 misalnya, juga bisa menggunakan cara di atas. Tinggal cek saja apakah printer kamu memiliki fitur duplex atau tidak. Kamu bisa melihat jika di bagian setting printer muncul opsi “Print on Both Sides”, artinya printer kamu sudah memiliki fitur tersebut. Kamu juga bisa membaca spesifikasi printer melalui internet untuk memastikan apakah printer kamu mendukung duplex atau tidak.

Dengan mencetak dokumen bolak balik, kamu membantu mengurangi limbah kertas sekaligus membantu mengurangi penggunaan kertas. Kertas dibuat dari kayu, sedangkan saat ini bumi kita sedang mengalami masalah lingkungan yang cukup pelik. Berkurangnya penggunaan kertas berarti juga berkurangnya penebangan pohon di hutan, yang kemudian bisa berdampak baik pada lingkungan.

Dokumen bolak balik juga lebih ringkas dan lebih mudah dijilid. Kamu jadi tak perlu lagi membawa dokumen berat dan tebal yang hanya di print pada satu sisinya saja. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasi ini membantu kamu untuk mencetak dokumen bolak balik.

Topik artikel:

Nila Khumaira

Selalu update tentang tekno dan gadgets, membuat saya gemar menulis dan mengungkapkan informasi yang telah saya dapatkan. Selain menulis, saya suka mengunjungi tempat-tempat wisata alam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *