-  4 menit membaca

Cara Print Amplop

Cara Print Amplop

Agar surat lebih profesional dan resmi, tulisan dalam amplop umumnya di print ketimbang ditulis tangan. Hal ini; cara print amplop sudah lama dilakukan perkantoran-perkantoran termasuk pemerintahan maupun swasta. Mereka umumnya memesan blanko amplop perusahaan/lembaga dari percetakan, dan memesan dalam jumlah yang tak sedikit.

Tapi bagaimana jika kamu ingin print amplop kamu sendiri secara manual di printer? Di dalam artikel ini akan kita bahas tentang cara print amplop, langkah-langkah beserta tips yang harus kamu ketahui. Pertama-tama kamu tentu harus menyiapkan amplop sesuai keinginan dan kebutuhan. Alamat serta nama penerima dan pengirim merupakan hal penting lain yang harus kamu siapkan.

Tips dan Persiapan Sebelum Print Amplop

Cara print amplop bahkan bisa dilakukan hanya dengan memanfaatkan Microsoft Word 2013 atau Ms Word seri lainnya . Sebelum mencetak amplop, sebaiknya ketahui terlebih dahulu hal-hal detail yang harus kamu siapkan, misalnya untuk pengaturan print amplop ukuran kecil atau besar. Di bawah ini tips-tips nya.

Membuat Alamat Pengirim pada Amplop

Sebelum mencetak atau print amplop, kamu harus menyiapkan alamat pengiriman terlebih dahulu. Caranya mudah sekali.

  1. Buka Microsoft Word
  2. Klik Tab File
  3. Lalu klik Options/Opsi.
  4. Setelah itu, akan muncul popup dialog, pilih menu Advanced/Tingkat lanjut. Gulir ke bawah hingga kamu menemukan topik General/Umum.
  5. Ketikkan alamat pengirim dalam Mail Address/alamat surat. Alamat ini akan tersimpan dan dapat digunakan setiap kali kamu ingin menyisipkannya pada saat akan melakukan print amplop di Microsoft Word.

Konfigurasi Pencetakan Amplop

Langkah berikut yang harus kamu lakukan sebelum print amplop di Ms Word ialah melakukan opsi pencetakan yaitu mengatur ukuran amplop menentukan posisi amplop dll. Silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  1. Klik menu Mailings / Surat
  2. Klik Envelopes letaknya di bagian paling kiri.
  3. Klik Options, lalu pada pada tab Envelope Options, silakan tentukan ukuran amplop yang kamu kehendaki. Klik Envelope Size maka akan tampil beberapa ukuran cetak amplop. Jika tidak ada yang sesuai dengan kebutuhanmu, kamu bisa menentukan ukuran amplop sendiri dengan membuat settingan custom.
    Konfigurasi Ukuran Amplop di Ms Word
  4. Klik tab satunya lagi yaitu Printing Options, terdapat beberapa pilihan posisi amplop atau cara amplop dimasukkan pada printer.
  5. Pada opsi ini, kamu harus memastikan bagaimana posisi amplop yang kamu inginkan. Pastikan kamu melakukan pengaturan yang sesuai untuk menghindari amplop di print secara terbalik.
  6. Masukkan amplop ke dalam printer sesuai yang ditunjukkan pada kotak dialog.
  7. Klik OK.
  8. Ketikkan teks alamat pada kotak alamat pengiriman. Kemudian, klik cetak untuk mencetak amplop.
  9. Kemudian klik OK.
  10. Cek terlebih dahulu apakah amplop sudah tercetak dengan benar.

Jika amplop tercetak terbalik, berarti kamu salah menyimpan posisi amplop. Lakukan seperti yang tertera pada kotak dialog. Jika pencetakan tidak berhasil, sebaiknya cek dan perbarui driver printer kamu. Lakukan pencetakan ulang dengan konfigurasi pencetakan sesuai kebutuhan dan keinginan kamu.

Menyimpan Konfigurasi Print Amplop

Kamu juga bisa menyimpan konfigurasi amplop untuk dipergunakan di masa mendatang. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Klik menu Mailings
  2. Klik Envelopes
  3. Ketikkan alamat surat dalam kotak Mailing Address / Alamat Pengiriman.
  4. Jika kamu ingin menggunakan alamat dalam buku alamat elektronik yang telah terpasang di laptop/komputer kamu, klik Sisipkan Alamat. Terdapat ikon buku terbuka.
  5. Kamu bisa menggunakan alamat yang telah terkonfigurasi sebelumnya di laptop/komputer kamu untuk digunakan di masa mendatang.

Cara print amplop sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Menu print amplop memang sudah disediakan oleh Microsoft Word sehingga kamu tinggal melakukan settingan/konfigurasi sederhana saja. Sebelum mencetak amplop, beberapa hal yang harus kamu perhatikan ialah apakah alamat pengiriman sudah benar? Pastikan juga printer dalam keadaan baik sehingga proses pencetakan bisa dilakukan dengan lancar.

Print amplop bisa dilakukan semua printer dan semua seri Ms Word. Langkah-langkah di atas juga merupakan cara print amplop di word 2010. Kamu juga bisa menambahkan logo atau menambahkan perangko elektronik. Tidak hanya mencetak amplop, Microsoft Word juga menyediakan konfigurasi print label. Baca juga tentang cara print label undangan yang telah kami ulas beberapa hari sebelumnya.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *