-  4 menit membaca

Cara Setting Router

Cara Setting Router

Internet menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainnya dengan alamat IP yang berbeda-beda. Router digunakan sebagai penghubung agar informasi bisa diteruskan dan bisa diakses oleh perangkat lain, baik di dalam jaringan yang sama atau pun jaringan yang berbeda. Di dalam artikel ini akan kita bahas tentang apa itu router dan cara kerjanya, dan bagaiana cara setting router.

Pengertian Router

Router merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network yang berbeda. Sebagai perangkat jaringan, router memiliki minimal 2 interface. Dengan bantuan router, koneksi antar network (jaringan dengan subnet IP yang berbeda) bisa terjadi.

Ditinjau dari fungsinya, router menghubungkan dua atau lebih jaringan dan meneruskan data satu jaringan ke jaringan lainnya. Berbeda dengan switch yang menghubungkan perangkat dengan satu LAN (Local Area Network), router menghubungkan dua perangkat atau lebih.

Router umumnya digunakan oleh jaringan dengan basis teknologi protocol TCP/IP, yang kemudian dikenal dengan nama IP router. Jaringan internet menggunakan router, sehingga perangkat bisa saling terhubung meski memiliki IP berbeda-beda.

Cara Kerja Router

Cara kerja router
Ilustrasi cara kerja router

Dengan suatu proses kerja bernama routing, router bekerja dengan me-rutekan data dan informasi. Router mengetahui kemana rute perjalanan informasi, apakah ditujukan untuk sebuah host dengan network yang berbeda atau tidak, router secara cerdas mengetahuinya.

Router bekerja dengan menggunakan tabel routing. Di dalam tabel routing, terdapat sejumlah informasi tentang bagaimana cara router mencapai sebuah jaringan. Tabel ini ibarat pedoman kemana router harus mengirimkan informasi. Jika pada tabel routing tercatat informasi harus diteruskan ke suatu jaringan, maka router akan meneruskannya. Sebaliknya, jika tabel routing tidak mencatat paket informasi tersebut, maka router bekerja dengan menghalangi dan tidak meneruskan informasi.

Itulah sekilas tentang router dan cara kerja router. Pembahasan tentang router secara spesifik memang akan cukup panjang mengingat itu merupakan hal yang bersifat sangat teknis. Di dalam artikel ini selanjutnya akan kita bahas cara setting router WiFi.

Langkah-langkah Cara Setting Router WiFi

Router dijual dengan harga bervariasi, mulai harga 300 ribuan saja. Sebelum router, ada baiknya kamu memahami cara setting router WiFi agar router bisa segera dioperasikan. Berikut ini langkah-langkahnya.

Menghubungkan Moden Dengan Router

Menghubungkan Modem ke Router

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyambungkan kabel jack router, kemudian sambungkan kabel ke stop kontak. Kemudian, sambungkan kabel LAN ke port WAN router dan port LAN modem. Ada baiknya juga kamu memahami tentang urutan kabel LAN.

Setelah memastikan semua terpasang dengan benar, pastikan juga router sudah mendeteksi perangkat moden sebelum kamu menghubungkannya perangkat dengan jaringan kabel.

Menghubungkan Komputer ke Router

Menghubungkan Komputer ke Router

Langkah berikut yang harus kamu lakukan adalah menyambungkan router dengan perangkat komputer kamu menggunakan kabel LAN. Sambungkan kabel LAN ke port LAN komputer kamu kemudian sambungkan ke port LAN router. Pastikan WiFi sudah terkonfigurasi dengan baik.

Log In Admin Router

Cara Log In Admin Router

Setelah memastikan semua perangkat terhubung, nyalakan komputer. Buka browser favorit kamu kemudian masukkan alamat atau ip address router (tersedia pada buku panduan router, biasanya default ip address-nya adalah 192.168.0.1) untuk login admin router. Masukkan username beserta password, juga bisa kamu lihat di buku panduan. Kamu juga bisa login admin router dengan menggunakan CD instalasi yang umumnya sudah tersedia satu paket dengan router.

Masukkan Informasi Koneksi Internet

Masukkan data dan konfigurasi router sesuai dengan provider internet yang kamu gunakan agar bisa segera terhubung. Sebelum itu cek dahulu apakah lampu internet dan lampu lainnya pada router sudah menyala dengan sesuai.

Setting Router

Pada bagian ini, kamu disarankan mengganti nama SSID router agar tidak mudah dibobol orang. Tentukan nama yang kamu inginkan, nama bawaan router sangat tidak disarankan. Untuk keamanan, kamu juga disarankan menggunakan fitur enkripsi WPA2. Tapi sayangnya tidak semua router memiliki fitur ini.

Itu dia cara setting router WiFi, tidak sesulit yang dibayangkan ternyata. Baca juga cara setting router tp link dengan hp android dan cara setting router tenda, akan kita bahas di artikel berikutnya. Sedikit tips sebelum mengakhiri artikel ini, sebaiknya reboot / boot ulang router agar koneksi cepat dan stabil. Lakukan reboot secara berkala misalnya setiap hari atau setidaknya seminggu sekali. Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga artikel ini memberi informasi yang kamu butuhkan.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Apa Itu Router?

497 dibaca..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *