-  4 menit membaca

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Cara Mempercepat Koneksi Wifi

Bagi hampir semua orang di dunia, internet kini sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Internet tak hanya menjadi media komunikasi tapi juga menjadi media hiburan dan media usaha. Memiliki koneksi internet cepat dan stabil tentu sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan sehari-hari. Internet yang lambat memang bikin kesel dan kadang bikin emosi, pekerjaan yang seharusnya selesai cepat jadi tertunda.

Jika kamu sering mengalami koneksi WiFi lelet dan sering gangguan, kamu tak perlu lagi khawatir karena ada sejumlah cara yang bisa menjadi solusi untuk mempercepat koneksi WiFi. Cara mempercepat koneksi WiFi sangatlah mudah, berikut ini 10 cara mempercepat koneksi WiFi yang patut kamu coba.

Ilustrasi Mempercepat Koneksi Wifi

1. Memperbarui Firmware Router

Memperbarui firmware router merupakan cara mempercepat koneksi wifi indihome yang bisa kamu tempuh. Tidak hanya untuk indihome, cara ini juga berlaku untuk penyedia jasa jaringan internet lainnya. Lakukan perbaruan terhadap firmware di router kamu. Perusahaan router umumnya melakukan update berkala untuk software mereka demi menghasilkan jaringan WiFi yang lebih cepat dan stabil.

2. Perhatikan Posisi Router

Posisi router sangat menentukan kecepatan sebuah koneksi internet. Meski tak terlihat enak dipandang di ruangan, tapi menyimpan router di tempat tertutup pun bukanlah ide yang bagus. Hal ini justru menyebabkan koneksi WiFi di rumah kamu jadi lambat. Pastikan router disimpan di tempat strategis yang bisa menjangkau seluruh sudut di rumahmu. Penempatan router yang optimal sangat efektif membuat jaringan lebih cepat dan stabil.

3. Mengganti Channel WiFi

Pada dasarnya router WiFi bekerja di berbagai channel, sehingga kamu bisa kapanpun mengganti channel router kamu. Terlebih jika ada tetangga yang juga memiliki router dan access point, kemungkinan router mereka mengganggu milik kamu cukup besar, akibatnya WiFi di rumah kamu jadi lambat.

Pilihlah channel yang lebih sepi dan lebih jarang digunakan. Caranya cukup masuk ke Command Prompt lalu ketik “netsh wlan show all”. Disini kamu bisa melihat channel yang digunakan di sekitar kamu bahkan channel mana yang digunakan WiFi tetangga.

4. Gunakan Password WiFi

WiFi yang dibiarkan tanpa password memungkinkan siapapun untuk terhubung. Semakin banyak perangkat terhubung, koneksi akan menjadi lebih lambat. Maka dari itu penting sekali untuk menggunakan password WiFi agar terhindar dari “pengunjung nakal”. Gunakan password dengan enkripsi WPA2 sehingga menyulitkan orang lain melakukan pembobolan password.

5. Boot Ulang Router

Reboot / boot ulang router secara berkala bisa menjadi langkah jitu mempercepat koneksi internet di rumah kamu. Disarankan untuk mengatur jadwal reboot otomatis agar router WiFi kamu restart setidaknya sekali dalam seminggu. Banyak orang yang hanya melakukan reboot saat internet terasa lambat saja, padahal justru reboot router perlu dilakukan bahkan saat koneksi internet masih terasa stabil.

6. Menggunakan Antena WiFi DIY

Apa benar menggunakan antenna DIY bisa mempercepat jaringan koneksi WiFi? Banyak orang yang sudah merasakan bahwa cara ini cukup jitu guna mempercepat koneksi WiFi, meskipun hasilnya tidak drastis.

Caranya sangat mudah, cukup sediakan kaleng minuman lalu potong bagian atas dan bawah kaleng. Potong juga bagian tengah kaleng sehingga kaleng bisa dibentuk menjadi lembaran metal. Taruh lembaran metal ini di belakang router WiFi kamu, biarkan bagian depannya terbuka.

7. Hindari Menyimpan Router WiFi Dekat Perangkat Elektronik

Kesalahan umum orang-orang dalam menyimpan router WiFi ialah menempatkannya dekat perangkat elektronik seperti telepon dan televisi, padahal hal itu bisa berdampak pada lambatnya WiFi karena sinyal terhambat. Simpan router di tempat yang jauh dari perangkat elektronik, kamu bisa menyimpannya di rak dinding misalnya.

8. Jangan Simpan Router Dekat Perangkat Wireless

Jauhkan router WiFi dari perangkat wireless karena hal ini juga bisa mengganggu sinyal WiFi. Sebisa mungkin simpan router di tempat yang jauh dari gangguan perangkat lainnya.

9. Mengganti Router yang Usang

Router lama memiliki batas bandwidth yang rendah. Untuk memiliki koneksi WiFi yang lebih cepat, kamu perlu mengganti router lama dengan router baru yang lebih tinggi bandwidth nya. Router baru seperti 802.11ac mampu mendukung bandwidth hingga 1Gbps.

10. Mengubah Pengaturan Ponsel

Jika kamu menggunakan WiFi untuk terhubung ke ponsel android, ada cara mempercepat koneksi wifi di android tanpa aplikasi. Hal ini sangat efektif agar kamu bisa berselancar ria di ponsel dengan cepat. Caranya cukup masuk ke aplikasi Setting (pengaturan) kemudian pilih opsi WiFi. Lalu, di bagian bawah ada opsi Advanced Setting, klik menu tersebut.

Kemudian pilih opsi WiFi Speed Mode sehingga kamu bisa memberi prioritas bandwith terhadap aplikasi tertentu. Terdapat juga opsi Regular Mode dimana bandwidth terbagi secara merata. Ada juga opsi extreme mode yang memungkinkan kamu memprioritaskan bandwidth pada aplikasi foreground, dengan aplikasi background tak terhubung internet sementara waktu.

Itu dia 10 cara mudah mempercepat koneksi WiFi. Terima kasih sudah membaca artikel ini. Jika kamu belum tahu bagaimana cara menyambungkan WiFi ke laptop, jangan khawatir karena kita telah membahasnya secara lengkap di artikel lain.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *