-  4 menit membaca

Cara Pasang WiFi di Rumah

Cara Pasang WiFi di Rumah

Kebutuhan masyarakat akan internet kian hari kian meningkat. Orang-orang menggunakan internet tak hanya untuk berkomunikasi dan terhubung dengan orang lain di berbagai penjuru dunia, kini internet bahkan menjadi tempat bekerja hingga tempat berbelanja. Hampir semua kebutuhan manusia kini disediakan di internet, bahkan untuk mendapatkan layanan pijat pun kamu cukup menggunakan aplikasi saja.

Berdasarkan data dari We Are Social, rata-rata orang menggunakan internet 9 jam setiap harinya. Angka ini tentu membuktikan bahwa kebutuhan masyarakat akan internet tak main-main jumlahnya. Untuk itu kamu perlu memilih provider dan penyedia jasa layanan yang tepat sehingga penggunaan internet sesuai kebutuhan dan sesuai budget. Beberapa tahun lalu orang-orang memasang WiFi diwajibkan memiliki kabel telepon. Kini ada beberapa cara pasang WiFi di rumah tanpa kabel telepon. Pemasangan WiFi menjadi lebih sederhana, mudah dan murah. Simak terus artikel ini untuk mengetahui cara pasang WiFi dirumah dan tips memilih layanan WiFi yang cocok.

Tips Memilih Layanan WiFi Yang Cocok

Tips Memilih Provider

Cara pasang WiFi di rumah tentu dimulai dengan memilih layanan WiFi yang cocok. Terdapat banyak provider layanan WiFi di Indonesia seperti Indihome, First Media, Oxygen.id dan masih banyak lagi. Banyak orang kebingungan dalam memilih layanan WiFi mana yang paling cocok. Berikut ini tips-tips dalam memilih layanan WiFi agar kamu bisa menikmati WiFi di rumah dengan

Pilih Yang Sesuai Kebutuhan

Provider internet mematok kecepatan layanan dengan bandwidth berbeda-beda. Semakin besar kecepatan internet, semakin mahal harganya. Bandwidth ini sifatnya merupakan kecepatan maksimum yang bisa kamu capai. Kecepatan aktual akan tergantung banyak faktor seperti banyaknya WiFi lain di sekitar, banyaknya perangkat yang terhubung, dll.

Provider internet juga umumnya mematok limit kuota, tapi kini sudah banyak provider yang tidak mematok limit alias unlimited. Kamu tentu perlu cari tahu cara pasang wifi di rumah tanpa batasan kuota sehingga tak perlu khawatir

Sebagai contoh, Biznet menawarkan kecepatan 50 Mbps dengan harga 300.000 perbulan dan biaya pemasangan 750.000, sedangkan untuk kecepatan 100 Mpbs harga yang dipatok ialah 450.000 per bulan dengan biaya pemasangan 900.000. Maka pilihlah kecepatan mana yang benar-benar sesuai kebutuhanmu. Jika kamu menggunakan WiFi untuk kinerja ringan, kecepatan 50 Mbps dirasa cukup. Tapi jika kamu menggunakan WiFi untuk kinerja berat seperti melakukan download, upload hingga streaming video, kecepatan 100 Mbps lebih cocok untukmu.

Pilih Yang Sesuai Budjet

Dengan banyaknya provider internet sekarang ini, kamu tentu kebingungan memilih mana yang paling tepat. Setelah kamu memastikan berapa kecepatan maksimal yang kamu butuhkan, langkah selanjutnya ialah melakukan riset beberapa provider layanan internet. Lakukan perbandingan terhadap biaya per bulan, biaya pemasangan, bonus yang dijanjikan, hingga review pelanggan. Pilihlah provider yang sesuai dengan bujet dan kebutuhan kamu.

Pilih Layanan yang Jaringannya Menjangkau Lokasi Kamu

Tidak semua provider internet bisa menjangkau seluruh lokasi di Indonesia. Maka dari itu, pastikan terlebih dahulu bahwa provider yang kamu pilih mendukung pemasangan di lokasi kamu.

Prosedur Langganan Dan Biaya WiFi

Kini kamu sudah menentukan provider internet yang cocok buat kamu berdasarkan tips di atas. Pertanyaan berikutnya, bagaimana dengan prosedur langganan dan biaya WiFi?

Prosedur langganan WiFi dimulai sejak kamu melakukan pemasangan. Provider menyediakan penawaran berbeda-beda, ada yang biaya bulanannya murah tapi pelanggan dikenakan biaya pemasangan dan perangkat yang cukup tinggi. Ada pula provider yang mematok biaya bulanan tinggi tapi biaya pemasangan dan perangkat rendah bahkan gratis.

Sejumlah provider juga menawarkan pemasangan dan berlangganan dalam periode tertentu seperti 3 bulanan, 6 bulanan bahkan pertahun. Silakan pilih yang kamu butuhkan. Biaya berlangganan akan bervariasi, satu provider dengan provider lainnya mematok harga berbeda. Umumnya kisaran 300.000 per bulan hingga maksimal 1,5 juta per bulan, tergantung bandwidth dan kuota internet.

Cara Memperluas Jangkauan Wifi di Rumah

Cara Memperluas Jangkauan Wifi

Kamu sudah menentukan provider internet yang harga dan kecepatannya cocok dengan kebutuhanmu, juga sudah melakukan pemasangan di rumah. Berikut ini sejumlah tips memperluas jangkauan WiFi agar WiFi di rumah kamu bekerja dengan optimal.

  1. Jauhkan modem (router) dari perangkat elektronik dan perangkat wireless lainnya.
  2. Simpan di tempat yang terbuka dan strategis sehingga bisa menjangkau semua area di rumah.
  3. Gunakan antenna DIY terbuat dari kaleng minuman.
  4. Gunakan password WiFi dengan menerapkan enkripsi WPA2 agar tak mudah dibobol orang.
  5. Sesuaikan channel WiFi kamu, pilihlah channel yang sepi.
  6. Update Firmware modem / perangkat WiFI
  7. Jadwalkan auto reboot, bisa setiap hari atau sekurang-kurangnya seminggu sekali.

Demikian artikel tentang cara pasang WiFi di rumah beserta sejumlah informasi penting yang patut kamu ketahui. Baca juga cara mengunci jaringan 4G agar kamu bisa menikmati internet lebih cepat dan stabil. Terima kasih sudah membaca, semoga artikel ini membantu kamu.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *