-  6 menit membaca

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

Cara Menyambungkan WiFi ke Laptop

WiFi bisa digunakan oleh perangkat laptop, smartphone, tablet hingga smart TV. Semua perangkat yang dibekali adapter WiFi bisa tersambung ke WiFi dan berselancar di internet. WiFi memungkinan kamu menggunakan internet tanpa memerlukan kabel dan modem. Kamu juga bisa membagikan koneksi WiFi tersebut dengan perangkat lain menggunakan sebuah aplikasi.

Selain tak memerlukan kabel dan modem, cara menyambungkan wifi ke komputer atau laptop juga sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa kamu pilih. Saat kamu membutuhkan koneksi WiFi, biarkan WiFi tetap aktif. Namun saat kamu sudah tak membutuhkannya, sebaiknya segera matikan WiFi agar laptop tidak cepat habis baterainya.

Adapun fungsi WiFi selain untuk berselancar dunia internet, hal ini juga bisa berfungsi untuk sharing printer. Dengan adanya sambungan WiFi, cara sharing printer antar beberapa device tidak lagi memerlukan kabel.

Buat kamu yang masing bingung tentang cara menyambungkan WiFi ke laptop, di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Menyambungkan wifi ke laptop Windows 10 dan Windows apapun sebenarnya sama. Cara di bawah juga berlaku untuk semua merk laptop yang kamu gunakan.

1. Menyambungkan WiFi ke Laptop Dengan Tombol WiFi

Tombol WiFi pada Keyboard Laptop

Ini merupakan cara paling mudah untuk menyambungkan WiFi ke laptop. Beberapa jenis laptop memang menyediakan tombol WiFi khusus sehingga mengaktifkan dan mematikan WiFi jadi lebih mudah. Posisi tombol ini biasanya berada di bagian atas atau samping keyboard, tergantung laptop yang digunakan.

Jika laptop kamu memiliki tombol WiFi khusus, untuk mengaktifkan dan mematikan WiFi kamu hanya perlu menekan tombol tersebut. Terdapat lambu indikator yang otomatis akan menyala saat WiFi sudah aktif. Jika WiFi mati, lampu indikator akan mati.

2. Menghubungkan WiFi ke Laptop Dengan Tombol Fn

Tombol Fn pada Keyboard Laptop

Tidak semua laptop dilengkapi dengan tombol WiFi khusus. Maka dari itu, kamu bisa mengaktifkan dan mematikan WiFi di laptop dengan tombol Fn. Semua laptop pasti memiliki tombol Fn khusus untuk WiFi. Kode Fn terletak di atas tombol angka, terdiri dari 12 tombol. Masing-masing tombol memiliki fungsi berbeda-beda mulai mengaktifkan dan mematikan suara, hingga tombol WiFi.

Untuk mengaktifkan WiFi dengan tombol Fn, cari tombol Fn terlebih dahulu. Cari juga tombol di atas angka yang terdapat simbol WiFi. Letak tombol fungsi WiFi setiap merk laptop akan berbeda-beda, misalnya terletak di F9. Tekan tombol Fn dan F9 secara bersamaan, maka WiFi di laptop kamu akan aktif.

Untuk mematikan WiFi, caranya juga sama. Cukup tekan tombol Fn dan F9 bersamaan maka WiFi akan mati. Beberapa merk laptop bahkan menyertakan lampu indikator di atas tombol fungsi. Jika WiFi aktif lampu akan menyala.

Beberapa merk laptop bahkan bisa mengaktifkan WiFi dengan tombol fungsi tanpa perlu menekannya bersamaan dengan tombol Fn. Kamu cukup menekan tombol tersebut maka WiFi akan secara otomatis aktif. Tergantung dari jenis laptop yang kamu miliki, silakan ulik cara mana yang paling tepat untuk laptop kamu.

3. Melalui Control Panel Windows Mobility Center

Dua cara di atas merupakan cara paling umum dan paling mudah untuk menyambungkan WiFi ke laptop. Tapi jika keduanya tidak bisa diimplementasikan pada laptop kamu, kamu perlu mencoba cara ketiga ini. Untuk laptop yang sudah dipasang wireless card, cara ini bisa dilakukan. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pada laptop dengan Windows 7, tekan tombol Start di taskbar. Kemudian cari Control Panel, silakan masuk ke Control Panel.
  2. Pada laptop dengan Windows 8, arahkan kursor ke pojok kanan atas kemudian pilih Settings, kemudian pilih Control Panel.
  3. Jika kamu sudah masuk ke Control Panel, cari opsi Adjust commonly used mobility settings kemudian klik.
  4. Akan muncul menu dengan berbagai simbol seperti simbol display, kamera, volume, dll. Kamu juga akan menemukan simbol WiFi di sana. Silakan klik tombol WiFi kemudian klik Turn wireless on.
  5. Cek pada taskbar di sebelah kanan, jika terdapat simbol wireless menandakan koneksi WiFi kamu sudah aktif.

4. Opsi Sambungan WiFi di Windows 8

Jika kamu menggunakan laptop dengan sistem operasi Windows 8, kamu perlu tahu bahwa terdapat pengaturan untuk mengaktifkan dan mematikan WiFI. Di bawah ini langkah-langkah untuk mengakses pengaturan tersebut:

  1. Arahkan kursor ke bagian kanan layar sehingga muncul Charms Bar. Kemudian klik Settings.
  2. Kamu akan menemukan sejumlah opsi, pilih opsi Change PC Settings.
  3. Setelah itu, pilih Network
  4. Terdapat sejumlah menu termasuk menu WiFi dan Airplane Mode (mode pesawat). Terlebih dahulu cek apakah mode pesawat nyala atau mati. Jika dalam keadaan menyala segera matikan karena WiFi tidak bisa aktif saat mode pesawat aktif.
  5. Jika sudah memastikan bahwa mode pesawat mati, klik opsi WiFi untuk mengaktifkan WiFi laptop kamu.

5. Menyambungkan WiFi di Windows 10

Sama halnya seperti Windows 8, Windows 10 juga memiliki pengaturan WiFi khusus yang mudah untuk diakses. Bagi kamu yang menggunakan Windows 10, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengaktifkan WiFi.

  1. Temukan simbol/ikon Network, posisinya berada di taskbar dan biasanya berbentuk logo sinyal WiFi.
  2. Disana terdapat sejumlah opsi termasuk opsi WiFi dan Airplane Mode. Cek terlebih dahulu apakah Airplane Mode menyala atau tidak. Jika Mode Airplane tersebut dalam keadaan aktif, matikan mode tersebut.
  3. Jika Airplane mode sudah dipastikan tidak aktif, selanjutnya pilih opsi WiFi agar jaringan WiFi bisa masuk ke laptop kamu.

6. Koneksi WiFi dengan Aktifasi Adapter WiFi

Jika setelah mengikuti cara-cara di atas WiFi di laptop kamu masih juga belum menyala, ada kemungkinan adapter WiFi dalam kondisi mati. Kamu perlu mengaktifkan adapter WiFi. Cara menyambungkan WiFi kali ini bisa diaplikasikan untuk laptop dengan sistem operasi Windows 7, Windows 8 dan Windows 10. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Cara Mengaktifkan Adapter WiFi
  1. Tekan tombol Start di taskbar. Kemudian cari Control Panel, lalu masuk ke Control Panel.
  2. Pada Control Panel, pilih kategori Network and Internet, kemudian pilih opsi Networking and Sharing Centre.
  3. Terdapat beberapa menu, cari opsi Change Adapter Settings kemudian klik.
  4. Cari simbol wireless yang kamu gunakan. Klik kanan lalu klik Enable.
  5. Selesai, koneksi WiFi siap digunakan.

Kini semua laptop sudah dibekali dengan adapter WiFi sehingga kamu tak perlu kebingungan apakah laptop kamu bisa konek atau tidak. Tapi jika sudah dilakukan cara di atas namun laptop tidak bisa konek wifi, sebaiknya periksakan apakah koneksi memang lancar atau ada hambatan. Gunakan perangkat lain untuk memeriksa koneksi. Jika ternyata koneksi lancar, berarti adapter laptop atau komputer kamu bermasalah. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan adapter WiFi eksternal.

Cara Mengatasi Troubleshooting Umum Pada WiFi

Troubleshooting memang kerap terjadi pada WiFi, namun itu semua bisa diselesaikan dengan mudah. Berikut ini beberapa troubleshooting yang umum terjadi pada koneksi WiFi beserta solusi mengatasinya.

  1. WiFi lambat, untuk mengatasinya kamu harus memindahkan router/modem ke lokasi yang lebih dekat dengan laptop. Kamu juga perlu merestart atau reboot jaringan internet agar WiFi kembali bekerja dengan optimal.
  2. WiFi tidak muncul, untuk mengatasinya kamu harus memastikan apakah WiFi sudah aktif atau belum. Masuk ke Control Panel, lalu pilih opsi Network and Connection. Kemudian cek apakah posisi WiFi sudah Enable atau belum. Jika belum, klik kanan lalu klik Enable.
  3. Perangkat jaringan rusak. Terdapat beberapa troubleshooting yang disebabkan perangkat rusak sehingga tidak bekerja optimal. Mengatasi kerusakan jaringan akan tergantung dari diagnosa yang muncul. Permasalahan ini akan secara khusus di bahas pada artikel troubleshooting jaringan.

Itu dia cara menyambungkan WiFi ke laptop beserta troubleshooting dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini membantu kamu.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *