-  6 menit membaca

Cara Sharing Printer

Cara Sharing Printer

Kehadiran mesin printer menjadi solusi ketika ingin mencetak dokumen penting. Karena fungsinya tersebut, printer dibutuhkan oleh banyak orang. Oleh karena itu biar penggunaannya bisa dimanfaatkan secara maksimal, printer harus diatur sehingga bisa digunakan oleh banyak orang. Solusinya tidak lain adalah dengan menerapkan cara sharing printer.

Sharing printer dapat dilakukan secara mudah, khususnya bagi para pengguna komputer Windows. Karena keuntungan penggunaan fitur berbagi mesin printer yang mudah, para pengguna komputer Windows bisa merasakan banyak manfaat. Oleh karena itu, tidak heran kalau mayoritas perkantoran di berbagai penjuru dunia, menggunakan sistem operasi Windows.

Kenapa Printer Harus Di-sharing?

Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa harus menggunakan metode sharing printer? Tim Bukkol berpendapat bahwa untuk penggunaan secara personal, menghubungkan printer dengan jaringan memang tidak terlalu memberi manfaat. Namun, lain halnya pada lingkungan kantor, sekolah, atau organisasi baik yang berskala kecil atau besar. Pada situasi tersebut, pengguna printer tidak terbatas pada satu atau dua orang, tetapi banyak orang.

Dengan tingkat kebutuhan yang sangat tinggi tersebut, tentunya pihak kantor atau sekolah bakal kesulitan kalau harus menyediakan printer untuk setiap komputer. Sebagai gantinya, melalui penerapan pemakaian printer pada jaringan, pemanfaatan alat pencetak dokumen itu bisa dilakukan oleh siapa saja. Bahkan, kalau mau Anda bisa pula mencetak dokumen melalui perangkat smartphone.

Keuntungan Sharing Printer pada Jaringan

Penggunaan fitur sharing printer pada PC berbasis Windows memberi banyak keuntungan. Dari sekian banyak benefit, berikut ini adalah 5 keuntungan utama yang bisa Anda peroleh:

Efisiensi biaya

Ketika memanfaatkan cara sharing printer melalui LAN dan WiFi, pihak perusahaan, sekolah, dan organisasi bisa menekan biaya pengeluaran sekecil-kecilnya. Alasannya, karena mereka tidak perlu menggelontorkan biaya besar untuk membeli printer bagi masing-masing komputer.

Sebagai gantinya, jumlah printer bisa dibatasi sesuai dengan tingkat pemakaian. Hanya saja, jenis printer yang digunakan secara bersama oleh komputer di jaringan, umumnya punya spesifikasi lebih canggih dibandingkan printer biasa. Apalagi, ketika printer tersebut digunakan untuk mencetak dokumen dalam berbagai bentuk.

Perawatan yang lebih mudah

Keuntungan selanjutnya ketika menggunakan fitur berbagi printer yang ada di komputer Windows adalah kemudahan dalam perawatan. Sebagai perangkat yang digunakan dengan intensitas tinggi, printer butuh perawatan secara intensif. Kalau tidak, bisa muncul permasalahan seperti kertas macet, tinta meluber, dan sebagainya.

Karena jumlah printer yang digunakan tidak terlalu banyak, maka durasi waktu yang diperlukan untuk merawatnya tidak lama. Apalagi, perawatan bisa dilakukan secara terpusat hanya pada beberapa printer.

Tingkat penggunaan yang praktis

Pemanfaatan cara sharing printer melalui LAN dan WiFi juga memberi benefit pada cara pemakaian yang praktis. Proses pencetakan dokumen dapat dilakukan secara remote atau jarak jauh. Dengan begitu, waktu bekerja para karyawan tidak akan terbuang sia-sia hanya karena berjalan bolak-balik ke komputer printer.

Satu komputer bisa menggunakan beberapa printer sekaligus

Fleksibilitas penggunaan juga menjadi keuntungan berikutnya dari pemakaian fitur berbagi mesin printer. Umumnya, printer yang terhubung pada sebuah jaringan tidak hanya satu, bisa terdiri dari beberapa mesin. Dengan pengaturan seperti itu, pengguna komputer dapat memilih printer yang sedang tidak sibuk.

Pemanfaatan printer jadi lebih terkontrol

Terakhir, penerapan sistem sharing printer juga memberi keuntungan dalam memonitor penggunaan mesin pencetak dokumen tersebut. Dalam sebuah lembaga, tidak menutup kemungkinan ada beberapa orang tak bertanggung jawab yang sering memanfaatkan printer kantor untuk keperluan pribadi.

Hal ini mungkin terlihat sepele. Namun, kalau dilakukan secara terus-menerus dan oleh orang banyak, bisa dibayangkan seberapa besar beban biaya yang harus ditanggung perusahaan? Apalagi, dalam pemakaiannya printer membutuhkan suplai kertas dan tinta secara terus-menerus.

Tutorial Cara Sharing Printer

Dengan manfaat yang sangat menguntungkan tersebut, sayang kalau fitur ini tak dimanfaatkan, bukan? Apalagi, cara penerapannya juga sangat mudah. Untuk membantu Anda dalam menggunakan fitur ini, berikut ini adalah tutorial lengkap cara sharing printer melalui LAN dan WiFi pada komputer berbasis Windows.

Waktu dibutuhkan 5 minutes.

Pada tutorial ini, terdapat 2 tahapan yang perlu dilakukan, yakni pengaturan pada komputer yang sudah terkoneksi dengan printer serta cara mengakses dan menggunakan printer pada jaringan LAN atau WiFi.

Pengaturan Pada Komputer yang Terhubung Pada Printer

  1. Buka Control Panel

    Membuka menu Control Panel yang bisa ditemukan dengan menekan logo Windows di pojok kiri bawah layar atau klik kanan pada logo Windows tersebut, lalu pilih Control Panel.

    Yang kedua, menu ini juga bisa kamu akses dengan menekan tombol Windows dan R secara bersamaan, lalu menuliskan Control Panel pada kolom yang muncul dan menekan tombol OK.

    Control panel untuk sharing printer

  2. Mengatur Network dan Internet

    Selanjutnya, pilih opsi Network and Internet yang ada pada Control Panel.

    Memilih Network and Internet

  3. Setting Sharing Center

    Berikutnya akan muncul pilihan Network and Sharing Center, klik menu tersebut.

    Network and Sharing Center

    Lalu pilih Change advanced sharing settings pada menu sebelah kiri. Pengaturan ini perlu dilakukan untuk mengaktifkan fitur sharing file dan printer.

  4. Aktifasi Sharing File dan Printer

    Setelah itu, aktifkan opsi Turn on network discovery serta Turn on file and printer sharing. Dalam langkah ini, jangan di Save Changes dulu, karena di halaman tersebut perlu setting lainnya.

    Mengaktifkan Network Discovery dan File Printer

    Ketika mengaktifkan kedua fitur tersebut, membuat pengguna komputer lain di dalam jaringan WiFi dan LAN yang sama bisa menemukan dan mengakses printer atau berkas yang di-sharing.

  5. Mematikan Password

    Tahap selanjutnya, Anda perlu membebaskan akses file dan penggunaan printer. Dengan melakukan langkah ini, pengguna tidak perlu memasukkan password ketika menggunakan printer. Caranya, klik All Networks, lalu pilih opsi Turn off password protected sharing, klik Save changes.

    Mematikan Prokteksi Password Sharing

  6. Pastikan Device Printer sudah Terhubung

    Setelah mengaktifkan fitur File and printer sharing, maka cara sharing printer sudah bisa dilakukan. Anda dapat menuju ke Control Panel > Hardware and Sound > View Devices and Printers.

    Memastikan Printer Sudah Terhubung

  7. Setting Printer Properties

    Pada layar, Anda akan menemukan nama printer yang terhubung pada komputer. Klik gambar printer tersebut, klik kanan lalu pilih opsi Printer properties.

    Sharing Printer yang Terhubung

  8. Sharing Printer yang Terhubung

    Pada jendela baru yang terbuka, klik tab Sharing dan centang pilihan Share this printer dan klik OK.

    Centang Sharing Pinter

Proses cara sharing printer sudah selesai, dan bisa digunakan untuk mencetak dokumen oleh komputer atau perangkat lain yang terhubung via LAN dan WiFi.

Mengakses dan Menggunakan Printer yang Sudah Di-sharing

Langkah 1: aktivasi network sharing

Aktifkan fitur Turn on network discovery serta Turn on file and printer sharing, lalu tekan Save changes. Langkah ini sama dengan langkah ke 4 di atas.

Aktifasi Printer Sharing Printer

Langkah 2: membuka network

Akses printer yang sudah di-sharing menggunakan fitur file explorer. Fitur ini dapat digunakan dengan menekan tombol Windows dan E secara bersamaan. Selanjutnya, pilih opsi Network pada layar dan tekan nama komputer yang printernya sudah di-sharing.

Langkah 3: menghubungkan printer

Pilih printer, lalu hubungkan dengan perangkat. Caranya bisa dilakukan dengan mengeklik kanan pada printer lalu menekan opsi Connect. Setelah printer berhasil terkoneksi, printer sudah siap untuk digunakan.

Menghubungkan Printer yang di Sharing

Langkah 4: printer sharing siap dipakai

Untuk melakukan atau tes print, silahkan buka aplikasi Microsoft Word lalu klik Print atau Ctrl + P. Pada dropdown Printer akan terlihat nama printer yang telah di sharing dengan tulisan Ready.

Menge-print Dokumen via Sharing Printer

Itulah tutorial lengkap cara sharing printer pada komputer Windows melalui jaringan WiFi dan LAN. Ketika akan mencetak sebuah dokumen, pastikan bahwa printer dalam status ready.
Selamat mencoba, ya.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *