-  4 menit membaca

Cara Mengunci Jaringan 4G

Cara Mengunci Jaringan 4G

Kebutuhan masyarakat akan internet semakin meningkat. Hal itu menjadi kesempatan sekaligus tantangan bagi penyedia jasa jaringan internet untuk selalu meningkatkan kecepatan dan kualitas jaringan mereka. Jaringan internet kian hari kian kencang dan stabil karena didukung oleh teknologi yang lebih baik. Dahulu kala kita mengenal tipe jaringan GPRS, lalu mulai upgrade ke 2G dan 3G. Hari ini kita sudah menikmati internet dengan jaringan 4G, bahkan di negara lain sudah lama beranjak ke tipe jaringan 5G.

Semakin upgrade suatu tipe jaringan, semakin stabil pula kecepatannya. Kamu jadi bisa berinternet ria bahkan melakukan video streaming tanpa hambatan dan gangguan. Beberapa operator seluler bahkan melakukan pembagian paket data, jaringan 3G dan 4G memang dibanderol dengan harga berbeda.

Misalnya kamu membeli paket data 10 GB dari Telkomsel, kamu akan mendapatkan 5 GB kuota jaringan 4G telkomsel, 3 GB kuota di jaringan 3G, sisanya kuota chat misalnya. Ini merupakan trik marketing yang banyak digunakan operator seluler saat ini. Kamu akan merasakan internet cepat dengan kuota jaringan 4G di awal pemakaian. Saat kuota jaringan 4G kamu habis, tersisa kuota 3G yang kecepatannya tentu berkurang.

Saat ini sebagian besar ponsel pintar memang telah menerapkan tipe jaringan 4G di perangkatnya, termasuk jaringan 4G Vivo dan jaringan 4G Xiaomi yang telah cukup handal. Di dalam artikel ini kita akan membahas cara mengunci jaringan 4G, simak terus ya.

Manfaat Mengunci Jaringan 4G

Mengapa harus mengunci jaringan 4G? Kamu tentu sudah tahu bahwa operator seluler saat ini menawaran kuota yang berbeda-beda dengan pembagian yang berbeda pula. Kuota dibagi menjadi jaringan 4G, semua jaringan, kuota chat, kuota aplikasi hingga kuota malam. Kuota jaringan 4G tentu menjadi prioritas karena lebih cepat. Tapi saat kuota 4G habis, rasanya cukup menyebalkan kan?

Saat memilih paket data, kamu perlu memperhatikan berapa banyak kuota jaringan 4G yang tersedia. Jika jumlah kuota semua jaringan lebih banyak dari jumlah kuota 4G, kamu perlu mengunci jaringan 4G agar ponsel dan kuota kamu tetap berada di jaringan 4G. Hal ini berdampak pada kecepatan internet kamu, dan kamu jadi tak perlu khawatir tingga berapa kuota 4G kamu.

Cara Mudah Mengunci Jaringan 4G di Ponsel Android

Terdapat dua cara untuk mengunci jaringan 4G di ponsel android, yaitu dengan cara manual dan dengan menggunakan aplikasi. Di bawah ini akan kita bahas satu persatu.

Mengunci Jaringan 4G secara Manual

Ponsel android sebenarnya sudah menyajikan menu khusus dimana kamu bisa memilih satu jaringan saja. Menu ini tersembunyi dan hanya bisa dibuka jika kamu mengetik dial tertentu.

Gambar 1: Phone Information

  1. Buka aplikasi panggilan, lalu dial *#*#4636#*#*.
  2. Akan muncul tiga menu yaitu Device/Phone Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information. Tampilannya akan seperti pada gambar di bawah ini.
    Phone Information
  3. Selanjutnya, pilih Device Information. Kamu akan diberikan berbagai informasi tentang ponsel kamu termasuk nomor IMEI, jaringan yang sedang digunakan, kekuatan sinyal, informasi ponsel, dll. Cari menu Set preferred network type.
    Set Prefered Network Type
  4. Kemudian pilih LTE only.
  5. Selesai dan klik tombol back. Kini ponsel kamu telah mengunci jaringan 4G saja secara otomatis.

Mengunci 4G melalui Aplikasi

Jika ponsel kamu tidak bisa memunculkan menu tersembunyi dengan dial nomor di atas, tak perlu khawatir! Kamu tetap bisa mengunci jaringan “4G Only” dengan bantuan aplikasi. Aplikasi tersebut bekerja dengan menampilkan informasi ponsel kamu, jadi saat aplikasi itu dibuka semua informasi ponsel sudah terpampang disana. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Aplikasi 4G LTE Switcher
  1. Buka Google Playstore kemudian ketik 4G LTE Switcher
  2. Download dan install aplikasi seperti biasa
  3. Kamu akan mendapati menu Device Information, Usage Statistics, dan Wi-Fi Information persis seperti pada langkah di atas
  4. Selanjutnya untuk mengunci jaringan 4G menggunakan aplikasi, cukup lakukan sama persis seperti langkah di atas.

Penutup

Jika kamu kebingungan dengan cara mengunci jaringan 4G Samsung, tak perlu khawatir karena cara di atas berlaku untuk semua merk dan tipe ponsel, Xiaomi, Samsung apapun merknya. Namun perlu diperhatikan bahwa mengunci jaringan 4G hanya berlaku untuk SIM 1 saja. Jadi jika kamu memiliki ponsel dengan dual SIM, kamu tidak bisa mengatur “4G only” pada SIM 2.

Pengaturan ini juga akan berubah jika kamu melakukan restart pada ponsel kamu, atau jika ponsel kamu mati. Pengaturan akan kembali seperti semula setelah restart. Pastikan juga kamu memiliki ponsel yang mendukung jaringan 4G dan berada di lokasi yang terjangkau jaringan 4G.

Terima kasih sudah membaca artikel ini, semoga informasi ini membantu kamu ya. Di artikel lain cara sharing printer yang mungkin kamu tertarik dan untuk menbambah wawasan mengenai printer.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *