-  4 menit membaca

Cara Menyambungkan Printer ke Laptop

Cara Menyambungkan Printer ke Laptop

Di sejumlah situasi, kita sering dihadapkan pada keharusan mencetak / print dokumen. Berbagai dokumen bisa dicetak dengan mesin cetak/printer yang tersedia di pasaran, mulai dokumen Microsoft Word hingga foto sekalipun. Kamu mungkin sering mencetak dokumen di jasa fotokopi atau warnet, tinggal beritahu dokumen mana yang hendak dicetak lalu terima beres.

Jika ini adalah pertama kalinya kamu mencetak dokumen sendiri di rumah / kantor, kamu harus tahu terlebih dahulu cara menyambungkan printer ke laptop. Agar bisa melakukan tugasnya mencetak dokumen yang kamu kehendaki, printer harus terlebih dahulu tersambung ke laptop. Menyambungkan printer ke laptop bukan semata memasangkan kabel printer ke port di laptop, kamu juga diharuskan memasang drive printer agar printer bisa bekerja.

Di artikel ini akan kita bahas tentang cara menyambungkan printer ke laptop Windows 10 dan Windows apapun, juga beberapa trik dan tips yang harus kamu lakukan saat print dokumen.

Langkah-langkah Menghubungkan Printer ke Laptop

Terdapat dua cara menghubungkan printer ke laptop yang bisa kamu coba. Pertama, kamu bisa menggunakan kabel, kedua menggunakan WiFi atau Bluetooth, mari simak pembahasannya satu persatu.

Menggunakan Kabel

Menyambungkan printer ke laptop merupakan cara konvensional yang kini masih sering digunakan orang. Jika kamu ingin menempuh cara ini, kamu terlebih dahulu harus memasang software/driver printer di komputer/laptop kamu. Software/driver printer biasanya disediakan dalam bentuk CD/DVD, tapi meski kamu tak memilikinya, kamu bisa mengunduhnya di website resmi printer sesuai merk dan serinya.

Jika proses pemasangan driver sudah selesai, ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Hidupkan printer, cek terlebih dahulu bahwa semua kabel telah terpasang.
  2. Hubungkan kabel printer ke port laptop.
  3. Klik menu/start, kemudian cari atau ketik Control Panel.
  4. Pilih Hardware and Sound, lalu pilih Devices and Printers
    Menambahkan hardware printer pada laptop
  5. Pilih Add a Local Printer
  6. Kemudian, pilih Use an Existing Port
  7. Terdapat beberapa nama merk dan model printer tertera di menu ini, pilih merk dan model mana yang hendak kamu pasangkan.
  8. Kemudian, pilih Next
  9. Setelah tahapan ini, ikuti saja langkah-langkah berikutnya lalu klik Finish

Via WIFI atau Bluetooth

Kamu juga bisa memasangkan printer ke laptop dengan menggunakan WiFi atau Bluetooth. Dengan cara ini kamu tak memerlukan kabel. Silakan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pastikan printer dalam keadaan hidup dan kabel-kabel sudah terpasang.
  2. Klik menu/start kemudian masuk ke Control Panel
  3. Pilih Hardware and Sound
  4. Lalu, pilih Devices and Printers
  5. Kemudian, pilih Add Printer
  6. Pilih Add a Network, Wireless or Bluetooth Printer
  7. Pastikan terlebih dahulu WiFi/Bluetooth dan printer dalam keadaan hidup.
  8. Akan muncul simbol printer yang sedang kamu gunakan.
  9. Setelah itu, tinggal ikuti saja langkah-langkah berikutnya.

Itu dia dua cara menyambungkan printer ke laptop, mudah kan? Hanya perlu waktu beberapa menit saja.

Tips Menyambungkan Printer ke Laptop

Agar proses menyambungkan printer ke laptop lancar dan tanpa hambatan, sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini:

1. Posisikan Printer Dengan Laptop Berdekatan

Baik menggunakan kabel dan menggunakan WiFi/Bluetooh, proses menyambungkan printer ke laptop memerlukan kedua perangkat ini saling berdekatan. Kabel printer umumnya tak panjang, jadi tak memungkinkan jika kedua perangkat ini jaraknya jauh.

2. Pastikan Printer Hidup

Langkah di atas akan sia-sia jika printer ternyata tidak bisa hidup/rusak. Sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa printer dalam keadaan baik dan bisa bekerja. Kamu juga harus melakukan cek apakah printer kamu terbaca laptop saat kabelnya dihubungkan ke port laptop.

3. Siapkan Kabel dan Driver Bawaan Printer

Menyambungkan printer ke laptop dengan kabel masih jadi cara konvensional yang digemari. Agar prosesnya lancar tanpa hambatan, pastikan kamu menyiapkan driver dan kabel bawaan printer. Driver disini bentuknya CD/DVD bawaan printer. Isinya adalah software yang memungkinkan printer terhubung ke laptop kamu.

4. Pastikan Kamu Mengetahui IP Printer

Menyambungkan printer ke laptop dengan WiFi/Bluetooth memang tak memerlukan kabel dan driver, tapi kamu akan membutuhkan IP printer. Pastikan kamu mengetahui IP printer agar printer bisa disambungkan ke laptop dengan lancar sehingga printer dapat segera bekerja.

Baca juga cara mengisi tinta printer jika printer kamu warnanya sudah pudar bahkan sudah tak menampilkan warna sama sekali. Salah mengisi tinta printer bisa menimbulkan dampak kerusakan pada printer. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *