-  3 menit membaca

Cara Reset Printer Epson L120

Cara Reset Printer Epson L120

Aktivitas kantor maupun aktivitas rumahan yang berhubungan dengan berkas dan dokumen tak terlepas dari peran mesin printer. Printer Epson digunakan sebagai media output pekerjaan dan tugas. Selain mencetak file di Ms Word, printer Epson L120 juga bisa digunakan untuk mencetak PDF, foto dan gambar hingga mencetak halaman website. Yuk lanjut baca cara reset printer epson L120 di artikel ini.

Seringkali pengguna printer Epson L120 menemukan kendala karena printer tak bisa bekerja. Terdapat beberapa kendala printer mulai ringan hingga berat. Beberapa kendala umum yang paling sering terjadi ialah paper jam kertas macet dan kehabisan tinta. Jika dua masalah itu terjadi, sudah pasti proses pencetakan tak bisa dilakukan. Untuk menghindari kendala-kendala tersebut, sebaiknya ketahui cara mengisi tinta printer Epson L120 dan cara mengatasi paper jam.

Untuk beberapa tipe printer yang menggunakan catridge, kita juga seringkali menghadapi kendala catridge tidak terbaca atau bahkan error. Pekerjaan jadi terkendala karena hasil kerja tidak bisa dicetak. Jika hal itu terjadi, salah satu cara yang harus kamu lakukan ialah melakukan setting ulang printer Epson L120 (Reset printer). Di dalam artikel ini akan kita bahas cara reset printer Epson L120.

Epson L120 merupakan salah satu printer keluaran terbaru yang kinerjanya cukup andal. Printer Epson L120 ini memiliki tanki tambahan yang sangat membantu dan efisien untuk mengganti tinta. Jika printer Epson L120 kamu mengalami blinking (lampu indikator berkedip-kedip) atau permasalahan lainnya, kamu bisa memilih cara reset printer Epson L120. Terdapat dua cara yang bisa kamu tempuh yakni reset manual dan reset otomatis.

Tutorial Cara Reset Printer Epson L120 Manual

Cara reset printer epson l120 manual

Cara reset printer Epson L120 manual tanpa software

  1. Cabut kabel power kurang lebih selama 5 menit.
  2. Sambungkan kembali.
  3. Tekan tombol power printer Epson L120 dan tahan tombol resume (ikon tinta), tekan selama kurang lebih 5 detik kemudian lepaskan.
  4. Kemudian, tekan dan tahan lagi selama 3 detik lalu lepaskan.
  5. Biarkan printer Epson L120 beberapa saat, printer akan kembali normal jika proses reset manual berhasil.

Cara ini sangat mudah dan ampuh. Tapi jika setelah melakukan reset manual ternyata printer masih juga bermasalah dan tak bisa digunakan, kamu bisa menempuh cara lainnya yakni dengan reset otomatis menggunakan software.

Cara Reset Printer Epson L120 Otomatis

Cara reset printer epson l120 secara otomatis

Melakukan setting ulang printer Epson L120 juga bisa dilakukan secara otomatis dengan bantuan aplikasi resetter. Aplikasi resetter untuk printer dikembangkan khusus untuk reset semua pengaturan printer baik bawaan maupun pengaturan pengguna. Di bawah ini langkah-langkah reset printer Epson L120 otomatis dengan software:

  1. Download software Resetter Printer printer Epson L120 Alternative
  2. Setelah berhasil didownload, ekstrak kemudian jalankan aplikasi.
  3. Akan muncul jendela dialog. Pada kolom “Model Name” pilih printer yang kamu gunakan.
  4. Kemudian, pada kolom “Adjust” akan muncul fungsi-fungsi aplikasi yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan.
  5. Gulir hingga kamu menemukan menu “Maintenance”, kemudian pilih “Waste Ink Pad Counter”.
  6. Klik OK untuk melanjutkan.
  7. Akan muncul halaman “Waste Ink Pad Counter”, centang opsi “Main Pad Counter” kemudian klik check untuk melanjutkan.
  8. Tunggu beberapa saat, aplikasi akan menghitung jumlah penggunaan printer Epson L120.
  9. Setelah jumlahnya muncul, centang kembali menu “Main Pad Counter” dan klik Initialization.
  10. Tunggu beberapa saat. Bila proses ini berhasil, kamu akan diminta untuk mematikan printer. Biarkan printer mati selama beberapa menit.
  11. Nyalakan kembali printer kemudian tes apakah printer sudah kembali normal atau belum.

Cara reset printer canon IP2770 juga bisa menggunakan dua cara di atas. Saat memilih model printer, tinggal pilih model sesuai yang kamu miliki.

Agar printer Epson L120 tetap bekerja dengan lancar tanpa kendala, sebaiknya ikuti petunjuk penggunaan printer dengan benar dan cegah printer dari over printing. Jangan lupa baca juga cara mengisi tinta printer yang tepat, agar printer kamu awet dan bisa bekerja dengan baik. Terima kasih sudah membaca artikel ini.

Topik artikel:

Muhammad Toha

Pencinta game mobile legends dengan hobi travelling yang suka menulis tentang tekno, review gadgets dan social media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *